Surabaya Membara

by - November 11, 2013

Selamat Hari Pahlawan :)

walaupun telat sehari, saya mau berbagi pengalaman saya dalam memperingati hari pahlawan di Kota Pahlawan, Surabaya



sebagai salah satu penghuni Surabaya sejak tahun 2012, saya adalah seseorang yang sangat exiting kalo ada event event special.

di Surabaya, ada event event special yang dirayakan oleh seluruh penghuni kota secara meriah,

ada parade bunga yag diperingati setiap ulang tahun surabaya, ada Surabaya Shopping Festival setiap bulan-bulan menjelang hari ulang tahun Surabaya (biasanya di bulan bulan ini saya kalap belanja branded stuff, dikonan nya gila-gilaan loh :) ), yah kalo cerita diskonan branded stuff selain pas SSF pas akhir tahun, menjelang natal dan idul fitri juga biasanya ada kok :D.

oke, lupakan diskonan branded  stuff (maklum anda sedang membaca blog pecinta belanja)

ada juga hari jadi jawa timur, biasanya hari jadi jawa timur dimeriahkan dengan festival kuliner dan pagelaran budaya.

dan yang ga kalah penting adalah peringatan hari pahlawan,

mulai dari tahun 2012, setiap tanggal 9 november di malam hari, ada pesta rakyat berupa pertunjukan drama kolosal berjudul "Surabaya Membara". drama kolosal ini bertempat di depan kantor gubernur Jatim (samping kanan tugu pahlawan) jadi, jalan pahlawan, mulai dari perempatan lampu merah sebelum stasiun semut, sampai perempatan lampu merah jalan pahlawan arah kramat gantung ditutup, karena pagelaran ini. penonton menyaksikan di jalan yang ditutup itu.





Saya mohon maaf saya datang ga bawa kamera, jadi ga ada foto hasil bidikan saya yang bisa ditampilkan.

pertunjukan dimulai pukul 8 pas dan selelsai pukul 9 kurang 15 menit, durasinya sekitar 45 menit. sebelum drama dimulai, semua yang hadir diharuskan berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia raya dan Padamu negeri. drama ini mengisahkan tentang pertempuran 10 november 1945 di Surabaya, (silahkan lihat kembali buku sejarah anda). saya memberi skor 8 dari 10 untuk drama kolosal ini ? kenapa ? effect tembak-tembakan nya asli, aman, dan sangat menegangkan. tank, jeep willys, dan alat-alat perang semuanya asli (sebagian koleksi komunitas, sebagian aset dari Kodam V Brawijaya) 

pokoknya properti dari drama ini bener-bener asli deh,

pemain dalam drama ini berjumlah 1000 orang. ya iyalah bro adegan nya kan mulai dari masa kependudukan jepang, sampai terbunuhnya A.W.S Mallaby gitu...

ada pemain pemain yang menyusup di antara penonton juga..

effect asap, api, lighting, fellow nya juga, amazing..

Sutradara dari Drama Kolosal ini namanya pak Maymura....

mereka yang berperan sebagai pejuang dan penjajah dalam adegan perang, dan  memakai properti perang adalah anggota Kodam V brawijaya, jadi mereka memastikan mulai dari senapan, tank, panser, dll semuanya digunakan oleh anggota terlatih, demi keamanan...

menurut info yang saya terima, penonton dari drama kolosal sabtu malam itu sekitar 15 000 orang. hmm masuk akal sih, saya nonton bareng Rusma, Riska, Alvin, dan Muci. memang jalan pahlawan jadi lautan manusia... event ini kan setahun sekali, dan gratis pula. mungkin para penonton berpikir sama seperti saya kali ya "gratis, kenapa enggak ?"

pertunjukan ini menurut saya "memenuhi standar internasional" kenapa ? soalnya ada translatornya, yah mengingat tamu tamu undangan yang hadir adalah perwakilan dari seluruh konsulat jenderal yang ada di Surabaya, di Surabaya kan ada banyak kantor Konsulat Jenderal... ada konjen Jepang (saya pernah ke sana buat ke perpus baca buku), konjen USA, konjen Belanda, Konjen Perancis (dek @Qoiim salah satu murid IFI, institusi bahasa Perancis milik konjen Perancis), Konjen China, dan masih banyak lagi yang kalo saya sebutkan postingan ini akan semakin panjang.

beberapa yang hadir, ada Gubernur Jatim, Walikota Surabaya Bu Risma, Panglima Kodam V Brawijaya, bapak Mayjen Ediwan Prabowo, dan beberapa pejabat provinsi maupun pemkot terlihat hadir menyaksikan drama kolosal ini.

singkatnya, drama ini adalah hiburan gratis penuh edukasi tentang pentingnya mensyukuri nikmat Tuhan berupa kemerdekaan yang mungkin, bagi beberapa negara tertentu, itu hanya mimpi :)



Surabaya, 11 November 2013
Enjoy Your Monday



F.R.Ma'rifah Akhsan

You May Also Like

0 comments

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke www.riffatakhsan.com silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)



Copyright By Faizah Riffat Ma'rifah Akhsan. Powered by Blogger.