Wawancara dengan @Billy_Budiman

by - February 09, 2014

Billy Budiman, IndonesiaEconomyIcon2009(Gatra)-Asia Youngest Professional Stock Analyst(Trust) di usianya yang begitu muda telah menorehkan prestasi yang begitu luar biasa. saya berkesempatan mewawancara pria kelahiran tahun 1992 ini. berikut isi wawancara saya dengan kakak ini, begitu cerdas. begitu mengispirasi :)

1. apa sih pasar modal itu menurut kakak dalam 3 kata ?
Dalam 3 kata ?, hmmm REWARD, RISK, MENTAL

2. apa yang membuat kakak cinta dengan dunia pasar modal sehingga bertahan dan memiliki pencapaian seperti sekarang ?
Hahaha, pastinya karena dari sini saya bisa mendapatkan penghasilan dan menabung untuk kehidupan saya di usia 30an mendatang. Saya punya plan untuk pensiun kira-kira di umur 30 tahun

3.dari info yang saya dapat, kakak masih kuliah S1 ya ? berarti kakak kuliah sambil kerja, banyak yang bilang kalo ga bakalan bisa fokus kalo kuliah sambil kerja. apa saran kakak untuk teman-teman yang kuliah sambil kerja seperti kakak ?
Oh, kalau saya ada untungnya, karena kan pasar saham bisa kita liat kapan saja asal ada internet, jadi menurut saya pekerjaan saya ini belum bisa dibandingkan dengan orang-orang yang kerja sambil kuliah (contohnya, bartender, dll). completely different. Tapi intinya sih saya percaya bukan ijazah atau gelar kamu yang orang lihat, tapi skill kamu menghasilkan uang, oleh karena itu buat saya selama masa kuliah terus explore diri kalian punya bakat apa, magang, dll biar nanti pas lulus, kalian udah jadi yang berkualitas dan siap diterima kerja.


4. dunia pasar modal kan penuh dengan tekanan ya kak, gimana sih cara kakak biar ga stress ?
hahaha, banyak2 doa saja dan tentunya semakin panjang horizon investasi kita, seharusnya kita tidak terlalu stress karena kan saham pada jangka panjangnya pasti naik asal perusahaan yang kita beli itu bagus.

5.kalo boleh tau apa sih cita cita kakak dulu waktu kecil ?
Pemain sepak bola, hahaha, tapi ortu bilang jadi pemain sepak bola di Indo itu madesu (masa depan suran -red) jadi lebih baik gak usah, and well said, terbukti banyak pemain bola indo sekarang meninggal karena sakit tak bisa berobat karena gajinya gak dibayar.

6. apa saran kakak untuk teman-teman dalam menghadapi kegagalan ?
saya sudah sering alamin kegagalan dulu dan prinsip saya sih jangan pernah menyerah, coba terus aja, soalnya kalau kamu ga coba lagi ya cuma ada satu kemungkinan dalam hidup kamu : GAGAL. Tapi kalau kamu coba lagi berarti masih ada 2 skenario yaitu GAGAL dan sukses, seberapa banyak kamu gagal dan mencoba, tidak akan menghapus fakta bahwa kalau kamu mencoba lagi, peluang sukses masih akan tetap ada (sukes 50:50gagal)


7. apa saran kakak untuk teman teman yang merasa tidak punya kelebihan dalam bidang akademik ? well, seperti yang aku bilang tadi, explore sisi non akademis kalian, olahraga, musik, seni, dll, jangan selalu mikir hanya orang2 dari dunia banker dan saham aja yang bisa kaya, no way, semua bidang bisa hasilin duit banyak kok

8.masih banyak orang yang menganggap diterima di PTN dan jurusan favorit adalah sebuah dasar yang sah untuk sombong, apa tanggapan kakak ?
no, not really, saya di sekolah dulu nilai biasa-biasa aja, malah sering remedial karena waktu saya habis untuk main saham dan bukan belajar, jadi saya perlu tegaskan sekali lagi, kalau kalian merasa kalian kurang pintar secara non akademis dan juga secara akademis, kalian memang lebih baik masuk perguruan favorit, tapi kalau kalian pintar salah satu aja antara non akademis atau akademis, saya rasa masalah univ gak akan jadi masalah.
percaya sama saya, bahwa fakta membuktikan duit tidak berbanding lurus dengan gelar. sekolah tinggi2 belum tentu dapat uang lebih banyak dari orang yang biasa2 aja.


9. menurut kakak, apa sih yang harus di perbaiki oleh Indonesia ?
masih banyak, hahaha, saya lihat negara kita masih harus memperbaiki mentalnya dan juga fasilitas serta pelayanan untuk masyarakat. LONG WAY TO GO

10. terakhir nih, apa saran kakak untuk generasi muda Indonesia ?
Saran saya sih, saya yakin Tuhan pasti taro bakat di setiap orang beda2, tinggal kalian cari aja, dan biasanya bakat2 seperti itu sering muncul karena kegiatan non akademis, so keep exploring your wild side. Saya gak bakal bisa begini kalua dulu saya cuma mentok belajar di sekola, jangan2 saya sekarang masih akan bengong tiap kuliah sambil mikir tar lulus mau jadi apa ya gua ? kalaupun kerja, gaji paling 4-5 jt ? padahal biaya kuliah aja ratusan juta, kapan balik modalnya ?, dll, tapi karena saya mau step up and exploring my wild side with Jesus help, saya bisa jadi seperti ini, hahah


semoga bermanfaat
Bontang, 9 Februari 2014




F.R.Ma'rifah Akhsan



NB: kak Billy maaaaaaf banget baru sempat keposting padahal wawancara ini udah dari 2013 T.T


















You May Also Like

4 comments

  1. wow, pasar modal itu seru tapi penuh resiko. aku dulu pun pernah ikutan magang seminggu, asyik sih ngamatin angka2. hehe. makasih sharingnya, mba. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasar modal itu butuh ketelitian tingkat tinggi. very stressful:)

      Delete
  2. makasih uda sharing, pengalaman nih

    ReplyDelete

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke www.riffatakhsan.com silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)



Copyright By Faizah Riffat Ma'rifah Akhsan. Powered by Blogger.