Waktu = Kesempatan

by - April 01, 2014


tidak banyak orang orang yang isi kepala mereka membuat saya minder dengan isi kepala saya, pengirim pesan diatas salah satunya.



saya selalu bertanya-tanya kenapa kebanyakan orang ketika saya menyebut kata "waktu" mereka akan langsung menjawab "uang" mungkin pakem "time is money" begitu mengakar kuat. ada pula sebagian lain yang ketika saya menyebut "waktu" mereka akan langsung menjawab "samurai" mungkin ini juga karena pakem jepang dan pakem arab yang kira-kira begini "waktu itu seperti pedang, kalau kamu tidak memakai ia untuk membunuh, maka dia yang akan membunuhmu" yah saya pikir sama sama dengan "time is money" itu.

tapi suatu kali saya iseng tanya ke pengirim pesan diatas, "apa sih arti waktu buat kamu ?" dan dia membalas "kesempatan"

saya terdiam, he is different. pikir saya, dan jawaban dia yang hanya satu kata "kesempatan" membuat pikiran saya terbuka.

waktu = kesempatan

awalnya saya tanya kenapa dia mengartikan waktu dengan kesempatan yang dijawab dengan jawaban yang simple tapi tidak menjawab pertanyaan saya "cause I'm different" -____-"

butuh waktu cukup lama untuk saya memahami jawaban dia, dan saya sadar. dia...... benar.

banyak orang bilang kesempatan kedua tidak datang dua kali, tapi sebenarnya tidak pernah ada kesempatan kedua. setidaknya menurut saya. kesempatan selalu datang di situasi yang berbeda, kesempatan kedua adalah kesempatan yang muncul pada situasi yang mirip dengan situasi di masa lalu.

waktu = kesempatan

kehilangan waktu = kehilangan kesempatan

overthinking = mensia-siakan waktu = mesia-siakan kesempatan.

kadang ada beberapa keadaan dimana ketika kita baru saja selesai memikirkan dan baru akan bertindak, kesempatan itu sudah hilang. itu artinya kita sudah membuang waktu dengan berpikir terlalu lama.

kenyataan ini mengejutkan saya karena saya adalah seorang pemikir, tapi itu benar. kita sering sekali membuang waktu untuk memikirkan hal yang belum saatnya kita pikirkan, dan tanpa sadar itu membuang waktu. sering pula kita terlalu luas berpikir sehingga inti dari "what should I do" itu tidak ada.

jadi, intinya yang mau sampaikan adalah "bijaklah menghadapi waktu, jangan biarkan pikiran pikiran tak mendasar menghilangkan kesempatan emas untuk bertindak brilian"


Surabaya, 1 April 2014
Hope You Have a Great April




Rifa Akhsan

You May Also Like

4 comments

  1. lama ngga ada kabar nih....sorry baru bisa ngoment...
    benar sekali waktu=kesempatan...
    waktu hanya sekali, tak ada pengulangan....

    iya, sulit sekali menjaga waktu sebaik mungkin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa iya lama kamu ga kelihatan, well sampai sekarang saya masih menganggap waktu = uang dan masih belajar memahami bahwa waktu = kesempatan

      Delete
    2. Iya... kok adik ngga update postingan lagi..
      Kemana aja, lagi sibuk apaan dik??

      Jujur ya, aku ngga melebihkan dan tidak mengarang-ngarang...
      Aku itu kangen banget sama tulisanmu. Mengapa? Karena setiap membaca tulisan adik aku selalu ‘menemukan” satu hal yang belum aku ketahui, ada satu makna yang membuatku merasa “wah”.. bener.. tulisan adik keren banget.. jadi, besok mulai aktif ngeblog lagi ya..

      Delete
    3. haha sorry banget banget ini.. lagi sibuk nugas kuliah dan mengalami writer's block. hehe doakan bisa ngeblog lagi yaa :))

      Delete

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke www.riffatakhsan.com silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)



Copyright By Faizah Riffat Ma'rifah Akhsan. Powered by Blogger.