{Review} Between The Raindrops Karya Stephanie Zen

by - May 12, 2014

"like the rain, you come in unexpected.

and just when I'm starting to love it, you start walking out.
I don't now what's worse, the thought of you leaving or the thought of living without you"

Source

sinopsis cerita : 
Andrea Faith Siahaan tak pernah mengira bahwa kehidupan akan membawanya pada Aaron Darwin Tandiono.

sejak pertama menginjakkan kaki di Singapura, fokus Andrea hanyalah meraih gelar S1-nya secepat mungkin demi menuruti ambisi sang ayah, karena hanya setelah itulah, baru ia bisa mengikuti panggilan hatinya yang sebenarnya yaitu masuk seminari dan menjadi hamba Tuhan penuh waktu.

tapi pertemuannya dengan Darwin di hari pertamanya berhasil menjungkir-balikkan semua tujuan dan rencana Andrea. kompas kehidupannya tak lagi mengarah ke titik yang sama.

dihadapkan pada dua pilihan, orang yang dicintainya dan tujuan hidup yang dikejarnya, Andrea gamang. manakah yang benar benar dia inginkan ? dan apakah yang satu pantas dikorbankan hanya untuk mendapat yang lainnya ?
------------------------------------------------------------------------------------------------------------

saya adalah seorang muslim, dan waktu saya membaca sinopsis buku ini saya tau persis bahwa novel ini benuansa kristiani. tapi saya adalah seseorang yang tidak ingin membatasi bacaan hanya karena SARA. sehingga saya beli lah novel ini.

dimata saya, Andrea dan kawan kawannya. Darwin, Dheraaj, Vania, Ardy, Fella, Cecil. adalah Godly Person. kenapa ? mereka bukan seseorang yang terlampau "alim" tapi mereka adalah pribadi pribadi yang berkeyakinan ketuhanan yang kuat. ini bisa dilihat dari impian impian besar mereka ketika sesi dream and purpose. semua memiliki impian mulia. 

mungkin benar, kita hanya menyebut tuhan dengan nama yang berbeda, saya mendapat banyak sekali pandangan baru tentang konsep ketuhanan melalui buku ini, walaupun sekali lagi saya tegaskan. saya seorang muslim.

pada intinya novel ini adalah tentang romansa kristiani. seorang Andrea yang teguh akan niatnya untuk masuk Seminari Alkitab Indonesia untuk menjadi hamba tuhan, bukan selalu menjadi biarawati atau pendeta, bisa juga menjadi dosen atau konselor. mungkin dalam agama islam seperti konsep pondok pesantren, kita sekolah untuk meperdalam agama, tapi bukan berarti kita akan menjadi mubaligh atau ulama.

masalah muncul ketika dia merasakan jatuh cinta pada teman gerejanya, Darwin Tan. sebenarnya tidak menjadi masalah karena Darwin berjanji pada Andrea to Stand All Out. jika saja mama Darwin adalah seseorang yang yakin bahwa tuhan adalah juru selamat. hubungan mereka menurut saya sangat romantis, mereka bukan drama king atau drama queen yang dramatis namun ada banyak sekali tindakan tindakan kecil yang dilakukan sepenuh hati yang membuat saya berpikr. "ah this is sweet".

Darwin dan Dheeraj adalah sahabat dekat dan kedua pria ini sama sama menyukai Andrea. walaupun pada endingnya Andrea menikah dengan salah satu dari mereka. tapi saya cukup nyesek membaca endingnya :'(

novel ini memberi pembelajaran berharga bagi saya bahwa setiap kemauan keras pasti ada ujiannya, dan kita hanya perlu bersandar pada tuhan, tuhan yang akan menunjukkan jalan. ada banyak sekali kejadian kejadian yang diceritakan di novel ini yang sepertinya tidak mungkin tapi kenyataan nya bisa karena pertolongan tuhan.

tapi bagi saya, strong point yang paling mengena di saya adalah bagaimana seorang Andrea bisa tetap menjaga fokus nya berkuliah meskipun didera jatuh cinta. jujur saya akui, penghancur fokus kuliah paling utama adalah jatuh cinta. kita bisa mengatasi penghancur fokus kuliah jika saja itu bukan cinta. tapi cinta, (menurut novel ini) adalah tuhan yang menumbuhkan. jadi, kita bisa apa selain berdoa ?

dua kata untuk Stephanie Zen : GREAT JOB :) Stephanie mampu menulis cerita bernuansa agamis tanpa unsur provokatif ataupun persuasif, sehingga substansi yang lebih dari itu tersampaikan dengan sempurna kepada pembaca (termasuk saya) : kedamaian.




Surabaya, 12 Mei 2014




Rifa Akhsan

You May Also Like

0 comments

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke www.riffatakhsan.com silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)



Copyright By Faizah Riffat Ma'rifah Akhsan. Powered by Blogger.