Sunday Sharing Surabaya #03

by - March 25, 2015

suatu hari, di tahun 2013.

"@riffatakhsan kamu tuh ya kerjaannya ngetwit terus, udah kayak detik.com aja setiap aku buka twitter pasti kamu ada di timeline"

 mention itu masuk ke timeline saya dengan nada sinis, tersinggung ? nggak juga. kesel iya, kalo emang sebel sama twit saya tombol unfollow selalu siap diklik kok.



 suatu hari, di tahun 2015. melalui twitter, saya mendapat kesempatan untuk menghadiri acara Sunday Sharing yang diadakan oleh Detik Surabaya. exiting lah saya, karena topik yang dibahas mengenai SEO yang saya yakini merupakan cikal bakal traffic blog saya akan tinggi menjulang.


akhirnya pada Minggu 22 Maret 2015 kemarin saya menghadiri acara Sunday Sharing Surabaya yang ke 3. bertempat di gedung TransMedia Surabaya, jalan Opak No 12 (yang katanya sebentar lagi bakal pindah ke Jalan Yos Sudarso dekat Balaikota).

acara ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama dibawakan oleh Pak Yayat. Legend Blogger Indonesia. (beliau ini follow saya beberapa hari sebelum acara, yang parahnya saya nggak tau bahwa beliau adalah salah satu narasumber)


penjelasan Pak Yayat ini lebih kepada pemasangan plugin plugin penyumbang traffic dan situs situs promosi web/blog. iya, saya datang terlambat soalnya jadi ilmu yang saya dapat dari Pak Yayat cuma itu.

sesi kedua diisi oleh mas Gunawan yang banyak menjelaskan SEO secara teknis, dari beliau saya tau bahwa ada 2 teknik SEO. yaitu white hat (teknik yang dianjurkan google, visitor blog alami. namun sedikit lama) dan black hat (teknik dengan sampah backlink serta bot bot yang pada akhirnya akan ditendang oleh salah satu subholding google yang namanya google pinguin. fyi google punya 3 subholding dalam algoritmanya : google panda, google pinguin, dan google pigeon) saya juga tahu bahwa sering sering komentar di blog orang lain dengan komentar sampah hanya akan membuat blog yang kita beri komentar menjadi rusak trafficnya. jadi hati hati yaa kalau yang hobby blogwalking dan ninggalin komentar hanya untuk dapat backlink....


sesi 2 masih berlanjut, namun saya permisi untuk shalat dzuhur. ketika sedang antri wudhu, saya ngobrol dengan bapak bapak tentang siapa sih admin twitter detik.com ? beliau (bapak bapak ini) menjelaskan, kalau tim social media detik.com itu ada 9 orang, dan mereka bertugas untuk menshare berita dari wartawan di lapangan yang sudah disetujui oleh kontributor. mereka juga bertugas untuk melempar issue, juga untuk melihat tren yang sedang berkembang di dunia maya.

saya masih nggak ngeh sama bapak ini, sampai akhirnya setelah saya selesai shalat dan kembali ke tempat acara (yang ternyata sesi 2 sudah selesai). bapak ini dipanggil ke depan dan diperkenalkan oleh pembawa acara, beliau ternyata adalah salah satu admin detik.com yang sekarang fokus menjadi admin dan mengembangkan situs baru dari detik.com yaitu pasangmata.com.

jeng jeng.... saya melongo, ternyata yang saya ajak ngobrol tadi adalah Pak Marwan :D


ungkapan sinis seseorang di tahun 2013 dulu ternyata diaminkan malaikat, karena twitter saya berkesempatan bertemu dengan admin detik.com :)

terima kasih banyak untuk mas Rinaldy yang sudah mengundang saya ke acara ini, juga untuk istri mas Rinaldy, mbak Yuni yang jadi teman chat whatsapp saya 3 hari belakangan. dan teman teman Warung Blogger, karena warung blogger lah ketika saya ditanya peserta lain "mbak dari mana ?" saya bisa jawab "saya dari warung blogger" bukannya "newcomer". disini juga saya ketemu sama admin Kumpulan Emak Blogger juga (yang sampai hari ini saya belum pede gabung ke grup blogger satu ini).

Sunday Sharing Surabaya #03 kemarin luar biasa, sampai ketemu di Sunday Sharing Surabaya berikutnya ya.



Surabaya, 25 Maret 2015




Rifa Akhsan

You May Also Like

4 comments

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke www.riffatakhsan.com silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)



Copyright By Faizah Riffat Ma'rifah Akhsan. Powered by Blogger.