Kamu Blogger Macam Apa Sih Fa ?

by - May 08, 2015

saya adalah seorang yang suka menulis, berbicara. dan bercerita. saya adalah seorang blogger cupu banget yang sedikit demi sedikit bertransformasi menjadi blogger cupu aja dan menjadi seperti sekarang, saya seringkali bertanya tanya kepada diri sendiri,

SEBENARNYA AKU INI BLOGGER MACAM APA ?




saya seringkali iri dengan teman teman jurnalis yang memang kuliah untuk menulis, para content writer yang dengan kemampuan copywriting-nya selalu mampu menghadirkan tulisan tulisan dengan sudut pandang unik, juga para social media expert yang sukses membangun personal branding yang ciamik sehingga tulisan tulisan mereka di blog sukses bikin saya garuk garuk tanah.

dan kemudian iri yang nggak penting ini perlahan sirna karena teman teman komunitas yang selalu saya temui satu bulan sekali dalam #SundaySharingSurabaya.

mereka selalu bilang "rifa, blog kamu bagus"

*bangga*

*pipi bersemu merah*

*trus disenyumin sama mas patjar*

*kemudian pingsan*

oke, balik ke topik.

selama karier saya sebagai seorang blogger, saya berkesimpulan setidaknya ada 3 macam blogger. apa saja itu ?


1. Content Blogger
blogger jenis ini memiliki spesialisasi yang sangat spesifik. mereka tidak akan keluar dari konten yang memang sudah ditentukan dari awal pembuatan blog. blogger seperti ini yang banyak menerima paid review karena personal branding-nya. contoh blogger jenis ini adalah travel blogger (yang mampu membalut tulisannya dengan informatif, bukan pamer blogger yang cuma bisa pamer foto aja), food blogger, beauty blogger, dll


2. segmented blogger
blogger jenis ini memiliki lingkup tulisan yang sedikit lebih luas dari content blogger. blogger jenis ini membatasi topik bahasannya menjadi lebih sederhana, contohnya adalah blog strategi bisnis, yang hanya membatasi bahasannya hanya seputar manajemen ekonomi dan issue issue bisnis nasional dan internasional, kemudian ada juga techno blogger, yang menulis tentang tetek bengek seputar teknologi. saya pernah menjadi blogger jenis ini ketika saya membatasi konten bahasan hanya seputar cinta, buku, travelling, sosial humaniora dan kehidupan sehari hari.


TAPI TRUS JARANG UPDATE AJA DONG. karena saya merasa nggak bebas menulis.

3.random blogger
blogger jenis ini isi tulisannya gado - gado. mulai dari yang penting sampai super nggak penting. blogger jenis ini hanya ingin terus menulis dan (biasanya) menjadikan tulisan sebagai wadah aktualisasi diri. mereka tidak mengharapkan mendapat rezeki melalui jalan ini meskipun kalau ada ya diterima. blogger jenis ini super rajin update blog asal ada wangsit dan koneksi internet stabil. blogger jenis ini pengunjungnya sangat tidak bisa dipetakan, tergantung dari tulisannya. berbeda dengan content blogger dan segmented blogger yang sangat mudah untuk memetakan lalu lintas pengunjung blognya.

trus saya termasuk blogger macam apa ?

*drum roll*

YAK BETUL RANDOM BLOGGER



meskipun ngakunya saya mengusung tagline "Construction and Life Story" sejatinya saya adalah blogger yang keluar dari tagline-nya sendiri, yang saya tulis cenderung gado-gado.

di #SundaySharingSurabaya yang kedua, yang kebetulan saya nggak datang. salah satu narasumbernya bilang "lebih baik jadi blogger gado - gado yang sering update daripada blogger spesifik yang jarang update blog"

*membela diri*

tapi saya kagum luar biasa dengan admin blog strategibisnis, yang mampu konsisten update blog setiap hari senin dengan persistensi segmen blog yang luar biasa.

kalau saya sih, jangan ditanya. angin - anginan nya dalam update blog luar biasa.

jadi, blogger macam apa kamu ? share di kolom komentar yah :)




Surabaya, 8 Mei 2015




Rifa Akhsan

You May Also Like

13 comments

  1. Sepertinya saya termasuk yang random post X_X

    ReplyDelete
    Replies
    1. gapapa random, yang penting selalu update

      Delete
  2. kebanyakan blogger adalah random blogger, sampai akhirnya mereka tahu kalo lewat blog bisa menghasilkan duit juga lalu kemudian rame2 beresin tampilan dan milih niche yang cocok.

    Saya masih random blogger sih, tapi kalo dikasih job review gak nolak juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. random blogger tetap berpeluang dapat job review asal kuat personal brandingnya :))

      Delete
  3. saya juga cenderung random, ga suka yang spesifikasi
    tapi ini subyektif sih, tergantung selera :)

    meski, saya juga salut sama temen2 yang punya niche blog tertentu
    yang penting, asal konsisten gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut saya bloging itu ajang kreatifitas tanpa batas

      Delete
  4. Makan gado-gado itu enak ala kadarnya.
    Bagi yang jual gado-gado dan ingin membrandingnya bisa coba gunain dus makanan punya Greenpack. Mau tahu seperti apa dus greenpack? Klik di sini aja http://www.greenpack.co.id/

    ReplyDelete

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke www.riffatakhsan.com silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)



Copyright By Faizah Riffat Ma'rifah Akhsan. Powered by Blogger.