Sunday Sharing Surabaya #04

by - May 08, 2015

iya iya, saya minta maaf Sunday Sharing Surabaya #04 yang berlangsung bulan april baru saya tulis di bulan Mei.




bukan bermaksud mengkambinghitamkan kerjaan, kuliah dan tugas. tapi jujur kemalasan sayalah yang menjadi juara kenapa saya nggak update blog *peace*

jadi Sunday Sharing Surabaya #04 yang dilaksanakan tanggal 26 April 2014, sehari sebelum ultah mantan saya *TOLONG LUPAKAN* bertempat di tempat kumpul paling kece kesayangan kita. gedung TransMedia Surabaya, Jalan Opak No 12

Sunday Sharing kali ini membahas tentang fotografi, dengan tema "Foto dan Blog". dengan pemateri dua orang, kak Riki Efendi dan kak Aziz hadi.

kak Riki Efendi  berkesempatan mengisi materi di sesi pertama, di sesi pertama ini kak Riki banyak bercerita tentang pewarta foto (fotografi jurnalisme) lebih kepada bagaimana mendapat golden moment dalam suatu peristiwa, nggak heran sih soalnya kak Riki Efendi ini basic-nya adalah fotografer di berbagai surat kabar, dan cenderung ke arah hukum kriminal. jujur saya nggak terlalu ngeh dengan materi kak Riki Efendi ini karena saya bukan pecinta aliran fotografi ala ala wartawan liputan gitu. tapi dengan penjelasan kak Riki ini saya jadi tau "dapurnya" pewarta foto. dari Kak Riki saya jadi tau, kalau foto itu harus bercerita, bahkanketika tidak ada keterangan. banyak sekali foto yang "katanya" bagus tapi ternyata "kosong" kenapa "kosong" ? karena ternyata foto juga harus punya nyawa. foto juga harus "sampai" pesannya ke yang melihat. kak Riki mengajarkan saya tentang bagaimana "menghidupkan" sebuah foto.


sesi kedua diisi oleh kak Aziz Hadi. materi yang diberikan kak Aziz lebih bikin saya semangat karena aliran fotografi kami yang mirip. kak Aziz mengajarkan tentang teknik dasar fotografi yang sebenarnya sudah sering diulas dan dilupakan oleh saya. cara Kak Aziz menjelaskan kembali membangkitkan mood fotografi saya yang sudah lama tertidur dan nggak bangun bangun. dan yang bikin saya semangat 47 sama materi kak Aziz ini adalah kak Aziz ngasih tips ke saya tentang fotografi long exposure malam hari yang selalu gagal saya eksekusi.


ketika sesi pertanyaan dibuka, banyak pertanyaan pertanyaan yang menarik dilontarkan dan Rusma, dengan pertanyaan tentang picture style dinobatkan menjadi 1 dari 5 penanya terbaik yang diberi hadiah buku karangan Pakde Cholik.


Sunday Sharing Surabaya #04 5ini lebih menarik dibanding Sunday Sharing Surabaya #03 yang membahas tentang SEO. saya berharap Sunday Sharing Surabaya selanjutnya memiliki tema bahasan yang lebih universal sehingga meskipun tidak terlalu cocok dengan tema, acara masih bisa diikuti dengan enjoy.

pokoknya Sunday Sharing Surabaya #04 ini luar biasa.

sampai ketemu din Sunday Sharing Surabaya #05 yaaaa. ntar sapa tau beruntung ketemu saya :*






Surabaya, 8 Mei 2015





Rifa Akhsan

NB : foto yang tidak memiliki keterangan sumber saya ambil dari blog Pakde Cholik cakcholik.blogdetik.com

You May Also Like

0 comments

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke www.riffatakhsan.com silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)



Copyright By Faizah Riffat Ma'rifah Akhsan. Powered by Blogger.