#SunsilkHijabHunt 2015

by - May 09, 2015

Jum'at, 1 Mei 2015. senja mulai menunjukkan persembahannya pada semesta. saya dan Rusma masih terpekur menatap langit (karena sama sama dapat previllage nggak shalat) di pinggir tambak lele daerah Tambak Wedi, sedikit di sebelah barat jembatan Suramadu.

tiba tiba apel krowak warna hitam milik Rusma berbunyi, telpon dari mbak Yuni. pemilik blog ceritayuni.blogdetik.com

"Rifa sama Rusma ada acara nggak besok minggu ?"

"hmm paling liat parade bunga mbak"

"kalau jadi panitia Hijab Hunt 2015 gimana ? mau nggak"

"mau mbak"

sambungan telepon itu adalah awal dari cerita seru kami menjadi panitia event besar skala nasional ini

with mbak Fitri, salah satu dari 50 besar peserta yang lolos audisi hari pertama




saya dan Rusma melalui #SundaySharingSurabaya tergabung dalam komunitas blogger dengan platform blogdetik. praktis kami jadi akrab dengan para praktisi media online khususnya detikcom. jadi kami akrab dengan orang orang detikcom khususnya Divisi Community Development.

Hijab Hunt adalah event terbesar ComDev (Community Development). tahun ini, Hijab Hunt berbeda seperti tahun tahun sebelumnya yang hanya melakukan seleksi via online dengan mengisi data online dan menyertakan video unjuk bakat.

tahun ini Hijab Hunt hadir di 5 kota besar di Indonesia untuk audisi kontestan secara langsung dan Surabaya menjadi kota pertama. Wohooo. jadi kebayang kan ya gimana hebohnya ?

saya bersama 10 orang lain (mbak Yuni, mas Rinaldi, Hanafi, Riza, Nui, Elis, Aya, Mas Deni, Mbak Nining dan Nisa) bergabung dengan team Comdev dari detikcom jakarta (Mas Marwan, Mas Karel, Mas Radi, dan Mbak Siska) juga team detikcom Surabaya (Mas Gilang) bekerja sama untuk mensukseskan acara ini, karena ini serba pertama kali.

saya,Rusma, dan Nisa ditempatkan di Meja Registrasi bareng Mas Radi dan Mbak Siska. tugas kami adalah memverifikasi data yang sudah diset active oleh team IT Jakarta, mengecek validitasnya, dan memprint hasil verifikasi data untuk kemudian diberikan kepada peserta sebagai penanda bahwa ia sudah terverifikasi sebagai peseerta #SunsilkHijabHunt 2015 audisi Surabaya. sementara Nisa, bertugas untuk menulis nomor urut peserta dan meminta peserta menempelkan di (kalo bisa) dadanya atau di tempat yang mudah terlihat.

ditengah tengah tugas, saya ketemu mbak Tara. salah satu admin dan content writer wolipop.detik.com

mbak Tara banyak cerita ke saya tentang fashion. termasuk tentang fashion week, desainer, dan ngegossip tentang seleb seleb yang jadi desainer.

acara berlangsung selama dua hari. tanggal 3 - 4 Mei 2015. tapi saya hanya hadir pada hari pertama. di hari pertama acara dimulai pukul 12 siang sampai sekitar pukul 9 malam, bertempat di Dyandra Convention Center Jl Basuki Rahmat Surabaya. tapi kita kita panitia udah stand by dari jam 9 pagi dan baru pulang sekitar jam 11 malam.

acara ini bekerja sama dengan Trans7, pihak Trans7 meliput proses audisi dari awal sampai akhir dengan host Ben Kasyafani (saya nggak foto bareng, karena nggak segitunya ngefans). saya jadi tau "dapurnya" acara acara talent hunt, mulai dari proses audisi, sampai tapping video.  

pesertanya cantik cantik, tinggi tinggi, dan bakatnya ya gitu deh. saya jadi tau bahwa sebelum bertemu Juri Utama (Desi Ratnasai, Dewi Sandra, dan Dian Pelangi) peserta terlebih dahulu harus lolos audisi Juri Internal. kebetulan kemarin Juri Internalnya adalah Mas Marwan dan Mbak Welin (praktisi hijab Surabaya). Mbak Welin banyak bercerita tentang gimana sih caranya berpakaian tanpa berlebihan tapi tetep keren dan berkelas.

acara berlangsung meriah, saya jadi banyak belajar bahwa setiap orang punya caranya sendiri dalam upaya menjadi seorang muslim yang taat. salah satunya adalah dengan menggabungkan syariat islam berhijab dengan tren fashion masa kini.

acara berlangsung meriah karena setiap peserta memberikan kemampuan terbaiknya untuk memikat juri, ada yang membawa angklung 30 nada, gitar, dll

acara diakhiri dengan pengumuman kontestan yang lolos ke tahap 50 besar dan briefing singkat tentang apa apa saja yang harus disiapkan untuk tahap selanjutnya.

banyak cerita menarik dari para kontestan yang sempat mereka bagi ke saya ketika proses verifikasi, ada yang sudah berkali kali menang kontes, ada yang menempuh jarak ratusan kilo hanya untuk ikut audisi, ada yang baru pertama kali mengikuti acara semacam ini, dll menariknya, banyak dari mereka yang setelah audisi balik lagi ke meja registrasi untuk cerita ke saya gimana perasaan mereka selama proses audisi.

sebelum pulang, saya menyempatkan diri foto dengan Mas Radi, salah satu admin Detik Forum


terima kasih untuk semua panitia dari Detik Forum, nggak nyangka rumpi rumpi kita di #SundaySharingSurabaya bisa menimbulkan kerjasama luar biasa dalam event besar ini. saya sangat berterima kasih untuk pengalaman tentang media online dan televisi yang jauh sekali dari bidang yang saya tekuni.

*kemudian inget kalau ditunjuk jadi ketua kelas #SundaySharingSurabaya 6*

*panik karena belum nyiapin tema*

oh iya, bagi kamu yang tertarik untuk ikut #SunsilkHijabHunt 2015 pendaftaran masih dibuka kok dan audisi masih digelar di 4 kota Besar (Medan, Makassar, Jakarta, Bandung) jadi tunggu apa lagi, ajak pacar, mantan, gebetan, kakak, atau adikmu yang memenuhi persyaratan dan berminat untuk datang ke lokasi audisi. pendaftaran gratis dan bisa daftar on the spot juga, nanti disana pasti dibantu dan dipandu sama panitia.

untuk info lengkap klik hijabhunt.detik.com




Surabaya, 9 Mei 2015




Rifa Akhsan

You May Also Like

0 comments

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke www.riffatakhsan.com silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)



Copyright By Faizah Riffat Ma'rifah Akhsan. Powered by Blogger.