Ada Cinta di Al - Akbar

by - June 29, 2015

saya datang tepat ketika adzan isya berkumandang, saya parkir kendaraan saya setelah sebelumnya sedikit takjub karena lapangan parkir yang penuh. ada haru yang terselip, ini tidak terjadi setiap hari. mereka yang parkir di parkiran masjid saya rasa memiliki cinta pada masjid ini karena tempat parkir untuk mereka yang fokus pada festival jajanan untuk buka puasa tersedia di luar masjid.

ini pertama kalinya selama saya di Surabaya, mengunjungi masjid agung Al-Akbar ini selama Ramadhan.

saya menengadahkan pandangan ke langit malam yang kebetulan saat itu sedang mendung, tampak menara masjid berdiri menjulang sebagai satu satunya penerang langit gelap, ya islam itu begitu, cahaya ditengah kegelapan




berbondong bondong mereka yang cinta ibadah ramadhan menuju pintu utama masjid, anak kecil lengkap dengan peralatan shalat miliknya tampak kesulitan mengukuti langkah orangtua mereka yang berjalan tergesa. suasana di pelataran masjid ramai penuh orang, namun suara mereka cenderung lirih. kalah dengan speaker pengeras masjid.



shalat isya pun dilaksanakan, setelah shalat. dilanjutkan dengan kultum, saya ingat salah satu ucapan pemateri malam itu "islam itu rahmatan lil alamin, bukan rahmatan lil muslimun. islam adalah rahmat seluruh alam, bukan hanya rahmat bagi mereka pemeluk agama islam" ini ada benarnya, festival Ramadhan bukan hanya kegembiraan mereka yang berpuasa, mereka yang tidak memeluk agama islam pun turut bergembira karena bisa memuaskan hasrat akan kuliner ramadhan yang tidak mereka temui di sebelas bulan lain.

kultum lalu dilanjutkn dengan shalat tarawih, tarawih yang standar. tidak tarawih kilat juga tidak tarawih yang sebegitunya lama. saya tergetar ketika melihat sebegitu banyak orang bersujud, kemudian duduk bersimpuh. saya benar benar mengerti sekarang betapa manusia adalah makhluk yang lemah, makhluk yang hidup hanya dengan rahmat dan kasih sayang tuhan. betapa tuhan menyelipkan cinta akan kebasarannya dengan suasana magis ini. 



puas menyerap energi cinta dan ketuhanan, saya memutuskan pulang dengan hati lapang. hati yang dipenuhi nur ilahi. 

terima kasih Masjid Agung Al - Akbar, kau selipkan cinta ilahi dalam setiap relung masjidmu. 




Surabaya, 29 Juni 2015





Rifa Akhsan 

You May Also Like

0 comments

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke www.riffatakhsan.com silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)



Copyright By Faizah Riffat Ma'rifah Akhsan. Powered by Blogger.