Kuliner Favorit Dekat ITATS Versi Mbak Rifa

by - June 14, 2015

kalau perusahaan punya CSR (Corporate Social Responsibility) atau tanggung jawab sosial perusahaan, maka saya punya BSR (Blog Social Responsibility) tanggung jawab sosial blog www.riffatakhsan.com

ini pertama kalinya saya bikin postingan BSR. BSR adalah postingan non profit yang sifatnya saya tujukan untuk kepedulian pada sesama.

kali ini BSR saya tujukan untuk dedek dedek mahasiswa baru Jurusan Teknik Sipil ITATS yang masih kepo kepo lucu rasanya kuliah itu kayak gimana, apa bener tugasnya seabrek, atau penasaran Mbak Rifa itu orangnya yang mana.

tenang dek, nggak susah kok cari Mbak Rifa, kalau kamu lihat Mas Iddo, Mas Rudi, Mas Fairus, sama Mbak Rusma biasanya Mbak Rifa nggak jauh dari mereka.

oke, jadi dek. mbak Rifa yakin dedek dedek maba pasti sudah dapat kost yang nyaman untuk ngerjakan tugas dan nonton drama korea, tapi seringkali dedek dedek bingung mau makan dimana ? ya kan ya kan ? gapapa, jangan malu karena mbak Rifa juga gitu. susah makan, sekalinya mau makan kalau bisa harus yang enak. jadi di tulisan ini mbak Rifa mau sharing soal kuliner sekitar kampus ITATS yang recommended buat dedek dedek maba beli makan, tentunya sudah dengan pertimbangan yang sangat matang. sesuai syarat mahasiswa : makanan itu harus enak, dan MURAH. iya murah.

apa saja itu ?

1. Soto Klampis 

letaknya pas di pinggir jalan di mulut gang klampis semalang gang 3. yang jualan suami istri, punya anak satu. keluarga ini super ramah dalam melayani yang beli, bahkan si ibu tetep sabar dengan permintaan mbak Rifa yang "ajaib". jadi dek, disini mbak Rifa kalau pesen soto : "ibu sotonya satu, kulit jeroan nggak pake hati nasinya dipisah kuahnya jangan banyak banyak, su'un nya dikit aja. minumnya es teh, nggak terlalu manis, esnya jangan banyak banyak" hebatnya lagi mereka nggak pernah salah ngasih pesanan mbak Rifa :)) buka mulai jam 10.

2. Coto Makassar Pucang 

letaknya 100 meter arah utara perempatan pasar pucang, di pinggir jalan. yang jualan mas mas dua orang yang suka bingung sama pesanan mbak Rifa : "mas coto makassarnya satu, nggak pake hati, ginjal, paru paru, sama jantung. oh iya nggak pake ketupat juga, burasnya agak dibanyakin. minumnya es jeruk satu nggak terlalu manis esnya dikit aja" buka mulai jam 10 pagi.

3. Mie Ayam Jembatan Kejawan Gebang

sepanjang jalan kejawan gebang cuma ada satu jembatan, dan bapak ibu yang jualan mie ayam ini pake gerobak pas diatas jembatan. mbak Rifa nggak ribet sih kalau pesan kie ayam ini, cuma kerupuk pangsitnya aja minta dikasih dua bungkus. buka mulai jam 3 sore.

4. Bubur Ayam Depan Hang Tuah

letaknya pas di sebelah utara Medical Centre ITS depan Universitas Hang Tuah. yang jualan mas mas dua orang, jenis bubur ayamnya bubur ayam Bandung, kalau beli ini lebih baik dibungkus daripada makan disana. mbak Rifa nggak ribet kalau makan bubur ayam ini cuma minta nggak pake sambel sama nggak pake kacang plus kerupuknya dua. buka mulai jam 6 pagi, dan biasanya jam 8 sudah habis. 

5. Sate Ayam Pertigaan Pantai Mentari

letaknya persis di depan JNE Pantai Mentari, kalau dari arah barat setelah pom bensin kenjeran belokan kiri pertama yang ada sign direction perumahan pantai mentari, sate ayam dengan gerobak kuning ini berada di deretan sign perumahan pantai mentari. berjejer bersama penjual soto, nasi goreng, gorengan, dan penyetan. yang jualan suami istri anaknya dua, cowok sama cewek. tapi yang selalu melayani pembeli anaknya, mereka orang Madura asli.Mbak Rifa kalau beli minta sate ayam nggak pake sambel nasinya separo. buka mulai jam 5 sore.

6. Es Tebu Klampis

letaknya di dalam Klampis Semalang Gang 6, gang yang kalo pagi dipake jadi pasar. satu satunya penjual es tebu di seantero Klampis Semalang. pokoknya kalau masuk Klampis Semalang Gang 6 noleh aja ke kanan, pasti ketemu. yah kalau tau kantornya Mas Rudi bakal lebih gampang lagi sih nyarinya. yang jualan suami istri yang udah agak tua, dua dua baiiiik banget sama mbak Rifa, kalau mbak Rifa beli sering dikasih jajan gitu. Mbak Rifa kalau beli minta esnya bener bener dihancurin aja sih. bukanya nggak tau pasti, tapi mbak Rifa biasanya beli diatas jam 12 siang. Surabaya panas cyin.

7. Ayam Bakar Nginden I

letaknya dua rumah dari rumahnya Mas Lutfi (kalau dedek dedek tau rumahnya Mas Lutfi yang ganteng nan pinter tapi super pendiem itu sih) di jalan Nginden I, satu satunya yang jualan ayam bakar di Nginden I jadi Mbak Rifa jamin nggak susah nyarinya.ayam bakarnya  persis kayak ayam bakar versi banjar. dengan kuah sop banjar dan cara memasak ayam yang kemerah merahan dan dengan arang kayu. nggak ada keribetan khusus dari mbak Rifa kalau beli ayam bakar ini selain minta kemanginya agak dibanyakin aja. bukanya juga nggak tau pasti tapi mbak Rifa biasa beli waktu jam makan siang.

8. Nasi Goreng Darma Cendika

letaknya persis di sebelah Universitas Darma Cendika MERR. yang jualan mas mas mantan koki, dan sudah jadi langganan Mbak Rifa dari pertama tinggal di Surabaya. mbak Rifa kalau beli : Mas, nasi gorengnya satu, nggak pedes nggak pake sayur, telornya dadar. saosnya jangan banyak banyak. buka mulai jam 7 malam.

9. Nasi Uduk Haji Faisol

letaknya di depan Universitas Hang Tuah deretan Medical Centre ITS bentuknya warung tenda gitu, letaknya persis sebelum undakan jembatan drainase Hang Tuah. bener bener nggak ada keribetan dari Mbak Rifa Kalau beli makan disini. buka mulai habis maghrib.

10. Nasi Padang "Gahaya Minang" Keputih

letaknya persis di sebelah Indomaret Keputih. yang jualan Uda asli padang, ini hampir semua menunya enak banget dan kerasa banget bumbu padangnya. ada beberapa warung nasi padang di keputih ini tapi cuma ini yang versi mbak Rifa enak. hampir semua menunya enak kecuali rendangnya yang menurut mbak Rifa agak keasinan. pesenan mbak Rifa sih stadard aja yaa : mas nasi padangnya satu pake ayam goreng, nasinya separo, sayurnya cuma daun singkong aja, nggak pake sambel, kuahnya cuma kuah ayam aja. buka mulai jam 10 pagi.

10. Bakso Pak Tono

bakso Pak Tono ini di Gebang ya, bukan gebang putih yang ada pasar asem payungnya atau gebang kanoman yang masuk gang itu. ntah gebang apa namanya pokoknya dari gerbang utama ITS lurus aja. jenisnya bakso solo, satu satunya warung yang jualan bakso secara mencolok di gebang. mbak Rifa kalau beli nggak pake tahu putih nggak pake siomay su'un nya agak banyak. bukanya nggak tau pasti, tapi mbak Rifa kalau beli biasanya diatas jam 12 siang.

11. Penyetan Depan Pusdiklat TNI AL

letaknya pas di depan pusdiklat TNI AL kenjeran, tulisannya sih nasi ayam kremes, yah sebenernya nggak mesti ayam juga bisa beli sih, sama aja kayak penyetan lain cuma ditambahin kremes aja. masih nggak jauh dari sign perumahan pantai mentari di pertigaan pantai mentari. mbak Rifa kalau beli nasinya separo pake bebek ditambah jeroan ayam sambelnya dipisah kremesnya dibanyakin. buka mulai jam 5 sore.

12. Es Degan Gerbang Belakang ITS

tau kan kalau ITS punya enam gerbang dengan tiga gerbang besar ? nah es degan ini berada di gerbang belakang yang ngelewatin asrama mahasiswa, dulu bapak ini jualan di warung tenda, tapi kayaknya ada penertiban jadinya sekarang si bapak penjual es degan jualannya pake motor Tossa, tempatnya ? tetep nggak berubah. bukanya nggak tau, mbak Rifa kalau beli biasanya diatas jam 10 pagi.

13. Pentol dan Es Campur Depan Makam Kejawan Putih Tambak

jadi bapak yang jualan ini pake gerobak, jual pentol sama es campur. enak tau, letaknya nggak jauh dari bundaran ITS arah pakuwon city, pokoknya sebelum masuk gerbang Pakuwon City ada SD Negeri, nah si Bapak jualan di deretan itu. buka mulai jam 9 pagi.

14. Ayam Kecap Warung Emak Menur

setelah bundaran menur, di jalan raya menur arah utara setelah ngelewatin Rumah Sakit Jiwa Menur ada pertigaan. nah warung emak ini pas di pertigaan stikes Surabaya, deretan SMP - SMA IPIEMS dan kampus D3 teknik sipil. warung emak nggak cuma jualan ayam kecap aja, menu rumahan lain juga ada. saran mbak Rifa belilah di jam yang nggak banyak mahasiswa stikesnya. buka mulai jam 9 pagi.


15. Gado Gado Kejawan Gebang

mbak mbak penjual gado gado ini orangnya ikhlaaaas banget, Mbak Rifa suka trenyuh kalau lihat wajah si mbak. letaknya di antara warnet The Exclusive dan warung emak keputih. sambal kacangnya halus banget ya ampun. buka mulai jam 9 pagi.

16. Chirashi Zushi Nginden

letaknya  persis disamping kampung steak jalan raya nginden. memang kalau you you semua membandingkan dengan rasa sushi di mall mall dengan brand ituh rasanya pasti enakan di sonoh. tapi untuk kelas sushi rasa mahasiswa ini enak banget. kalau mbak Rifa sih suka sama Salmon Aburi Sushi trus minumnya Matcha Green Tea. tapi mbak Rifa lebih suka sama yang tinggal di nginden I buka mulai jam 6 sore.

17. Tela Bumbu Keju ITS Gerbang Sakinah

sudah mbak Rifa jelaskan, kalau ITS punya enam gerbang dengan 3 gerbang besar. nah ibu ibu yang jualan tela bumbu ini juga jualan otak otak sama tahu, bumbunya ada keju, balado, sama barbeque. letaknya diantara penjual kue sama penjual pecel. pokoknya keluar ITS gerbang sakinah noleh aja ke kiri pasti ada. buka mulai jam 9 pagi.

18. Bihun Goreng Pak Bas

pak Bas punya dua warung. satu di kertajaya, satu di pakuwon city. nah yang mbak Rifa maksud ini yang di pakuwon city. yang jualan mbak mbak anaknya Pak Bas. mbaknya jilbaban. mbaknya sih kalau mbak Rifa kesana udah hapal Bihunnya satu, nggak pedes nggak pake sayur, kalau ada kubis pake kubis aja, digoreng kering kuahnya jangan terlalu banyak. buka mulai jam 7 malam.

19. Takoyaki Depan SMA Muhammadiyah 2

tau SMA Muhammadiyah 2 yang di pucang itu ? letaknya dipertigaan kan ? nah pas di pertigaan itu ada indomaret. mbak mbak takoyaki ini jualannya di depan indomaret. enak, takoyakinya ada beberapa pilihan isi. kalau mbak Rifa sukanya isi cumi. bukanya nggak tau tapi Mbak Rifa kalau beli bukan pas jam anak SMA Muhammadiyah istirahat atau pulang sekolah.

20. Good Day Freeze Kantin Kampus.

kalau dedek jalan ke kantin, di deket lapangan futsal liat cowok ganteng pake kemeja lengan panjang digulung sesiku warna putih jangan kaget, itu mas Rudi. tapi Mas Fairus yang ngasih tau Mbak Rifa kalau di kantin kampus sebelah kiri pintu masuk ada good day freeze yang enak banget. mbak Rifa juga bingung si ibu pake apaan kok rasanya bisa seenak itu. buka selama kampus buka.



Mbak Rifa kok nggak ada fotonya ?? ya kan mbak Rifa nya keburu laper duluan dek, jadi belum sempat difoto udah masuk ke kerongkongan....

mudah mudahan informasi kuliner dari Mbak Rifa bermanfaat untuk kelangsungan hidup berkuliah di Teknik Sipil ITATS dedek dedek maba yah. dekat dari ITATS maksudnya kalau kalian naik kendaraan sekitar 10-15 menit lah ya. murah yang dimaksud Mbak rifa itu UNDER 25K ya dedek dedek....

kalau ada yang mau ditambahin sok atuh di kolom komentar.




Surabaya, 14 Juni 2015




Rifa Akhsan




You May Also Like

9 comments

  1. Soto Lamongan yang gede dan selalu full itu juga dekat ITATS kan Jeng
    Salam hangat dari Galay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soto Lamongan yang itu ya pakde... hmmm iya juga pakde.


      wah aku dikomen sama legend blogger jawa timur kyaaaaaa :))))

      Delete
  2. Soto ayam samping sakinah mbak, itu nomer ke brapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. soto ayam samping sakinah masih kalah sama soto klampis :D

      Delete
  3. Hallo mbak..saya maba sipil itats ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Jenny, kamu jurusan apa ? kalau ada yang mau disampaikan bisa hubungi twitter saya ya :)

      Delete
  4. Saya jurusan tek.sipil mbak. Saya malah udh stalking twitter mbak rifta lhoo hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah aku distalking, twitter mah isinya hal hal super nggak jelas dek :)

      Delete
  5. Apapun makanannya pake Greenpack bro..
    Sudah tahu Greenpack belum? Klik di sini http://www.greenpack.co.id/

    ReplyDelete

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke www.riffatakhsan.com silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)



Copyright By Faizah Riffat Ma'rifah Akhsan. Powered by Blogger.