Mitos Mitos Tentang Teknik Sipil

by - June 15, 2015

salah satu mahasiswa teknik sipil yang lagi praktikum ukur tanah
kembali lagi tentang teknik sipil, terima kasih kepada sumber lalu lintas yang menerangkan bahwa semakin banyak yang kepo tentang teknik sipil. juga kepo tentang saya :D

tapi ada hal yang membuat saya tergerak untuk menulis tulisan ini, karena mayoritas kata kunci yang dimasukkan tentang teknik sipil adalah tentang mitos mitos teknik sipil yang masih belum ada yang mengulasnya.

okeh, dibawah ini adalah mitos terumum di dunia teknik sipil.




1. anak teknik sipil pinter matematika 

mitos ini tidak sepenuhnya benar, tapi juga tidak salah. lebih tepatnya kami (mahasiswa teknik sipil) dilatih untuk melogikakan matematika untuk melihat pola dalam mekanika. sehingga ketika polanya sudah kami dapat, tinggal pencet pencet kalkulator atau tarik di excel beres deh :)

2. cewek teknik sipil nggak bisa dandan

awal awal saya juga setuju dengan mitos ini, mahasiswi teknik sipil jarang sekali menggunakan make up kalau kuliah (termasuk saya) tapi betapa kagetnya saya ketika kami menghadiri acara resmi yang cenderung formal. mbak mbak teknik sipil cantik cantik dalam berpakaian dan yang lebih bikin saya kagum adalah konsep make up yang mereka pakai, cenderung natural beauty. dan pastinya nggak menor dong :)

3. cowok teknik sipil itu kaya

ya kalau cowok teknik sipil yang kebetulan kamu lihat adalah seorang bos developer merangkap kontraktor ya kaya, atau bos perusahaan surveyor penginderaan jauh ya kaya. tapi kalau staff divisi perencanaan di sebuah konsultan ya kan belum tentu.. menurut saya kaya itu relatif, memang konstruksi identik dengan perputaran uang yang banyak secara masif karena belanja kebutuhan proyek. tapi itu tidak menjadi alasan membenarkan anggapan bahwa cowok teknik sipil itu kaya.



4. cewek teknik sipil itu judes

kalau soal ini saya setuju nggak setuju ya, beberapa mahasiswi teknik sipil memang dibentuk oleh lingkungannya untuk menjadi maskulin. dimana mereka tidak boleh kehilangan wibawa sebagai atasan meskipun mereka perempuan. judes mungkin kurang tepat ya, saya lebih suka bilang cewek teknik sipil itu tegas, kaku dan berkarakter.


5. sarjana teknik sipil kalau lulus jadi tukang 

ini mitos luar biasa salah, sarjana teknik sipil itu bos dari bos bos bosnya tukang. biasanya sarjana teknik sipil itu ditempatkan sebagai site engineer, dimana membawahi pelaksana, mandor, dan kepala tukang. jadi tukang itu punya bos namanya kepala tukang, kepala tukang punya bos namanya mandor, mandor punya bos namanya pelaksana dan bosnya pelaksana adalah site engineer yang merupakan sarjana teknik sipil.

6. anak teknik sipil sering nggak tidur



ini kebenarannya 95%, tugas di teknik sipil suka datang keroyokan dengan deadline yang cenderung sempit. makanya mahasiswa teknik sipil sering mengorbankan jam tidur untuk mengerjar deadline pengumpulan tugas. ya tapi banyak juga yang emang suka nggak tidur karena kebiasaan, kalau orang orang gini mah nggak ada tugas juga mereka cari cari kegiatan biar nggak tidur, nonton anime, nonton korea, ngeblog, pokoknya kegiatan yang menyebabkan mereka tidur larut malam atau nggak tidur sekalian.

7. anak teknik sipil suka nggak mandi

lebih tepatnya malas mandi yah, kalau mahasiswa yang selalu ada suplai air sih saya yakin alasan nggak mandi pasti karena malas. tapi memang ada beberapa kondisi di proyek dimana air sulit sehingga harus terpaksa nggak mandi.

8. anak teknik sipil kalau pake baju asal, nggak necis.

ini tergantung situasi, nggak necis itu yang kayak apa. kalau saya sih melihat temen temen saya yang bajunya (agak) berantakan ngaku ke saya kalau lagi buru buru jadinya asal ambil baju. tapi dalam banyak kondisi anak anak teknik sipil keren keren ganteng ganteng kok bajuannya.



9. teknik sipil jurusan cowok

teknik sipil adalah jurusan dengan mayoritas mahasiswa laki - laki, bukan berarti perempuan ngga boleh kuliah di teknik sipil. teknik sipil memang selalu menuntut berpikir secara logika matematika. sehingga memang laki laki yang oleh Tuhan ditakdirkan berpikir logis matematis banyak mengisi kursi di jurusan ini.

10. kuliah di teknik sipil susah lulusnya

susah lulus itu ada dua faktor, mata kuliah dan Tugas Akhir (TA). memang ada beberapa mata kuliah yang benar benar nasib nasiban, ada yang sekali langsung lulus ada yang beberapa kali mengulang baru lulus. tapi saya percaya mereka yang bersungguh sungguh pasti cepat lulus.




apa lagi ya mitos mitos teknik sipil yang kalian tau ? share yah di komentar.






Surabaya, 15 Juni 2015




Rifa Akhsan

You May Also Like

34 comments

  1. ane bukan anak teknik sipil, tapi seru juga mitos2nya haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah terima kasih yaa sudah mampir ke sini :))

      Delete
  2. Gue sih sipil banget wekekek
    selalu dikenal galak dan judes hahaha padahal mah ya karena temennya mandor masa iya manja manja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bener bener, mana bisa kitanya menye menye nggak jelas padahal temen temen kita gahar gahar semua

      Delete
    2. hai gue anak sipil ke arsitek-arsitek an gitu, salam kenal ya

      Delete
    3. hai gue anak sipil ke arsitek-arsitek an gitu, salam kenal ya

      Delete
  3. Gwe teknik sipil teuku umar.
    Slam sipil broo!!:-)

    ReplyDelete
  4. Saya tertarik dengan tulisan Anda.
    Saya juga mempunyai artikel mengenai teknik sipil yang bisa anda kunjungi di www.leptsp.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete
  5. hahaha
    saya juga teknik sipil dan emang cewek-cewek teknik sipil terkesan judes menurut orang
    lah kan di teknik sipil cewek ato cowok emang harus keliatan kuat ya apalagi ntar kerjanya keras dan banyak turun ke lapangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. cewek teknik sipil harus tangguh ya, soalnya di dunia konstruksi status disamakan hahahaha

      Delete
  6. hahaha
    saya juga teknik sipil dan emang cewek-cewek teknik sipil terkesan judes menurut orang
    lah kan di teknik sipil cewek ato cowok emang harus keliatan kuat ya apalagi ntar kerjanya keras dan banyak turun ke lapangan

    ReplyDelete
  7. hahaha
    saya juga teknik sipil dan emang cewek-cewek teknik sipil terkesan judes menurut orang
    lah kan di teknik sipil cewek ato cowok emang harus keliatan kuat ya apalagi ntar kerjanya keras dan banyak turun ke lapangan

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Pernah bercita-cita jadi ahli teknik sipil, karena waktu kecil melihat teman satu desa lulusan teknik sipil bisa membangun rumah di sebelah sungai namun konstruksinya kokoh bahkan menjadikan view yang bagus di sisi sungai.
    Namun setelah lulus SMA gak ketrima di teknik sipil tapi di pilihan-3, akuntansi, akhirnya 'nyemplung' di bidang akuntansi dan keuangan.
    pernah juga bekerja di perusahaan konstruksi.
    salam kenal dan sukses ya Mbak
    Apapun bidang pekerjaan yang ditekuni, yang asti bermanfaat bagi orang lain, maka perjuangkan :) .... menghibur diri :)

    ReplyDelete
  10. di tempatku cewe teknik sipil macam bidadari, :)

    ReplyDelete
  11. saya teknik sipil , salam kenal bro

    ReplyDelete
  12. Betul ngga sih kak anak teknik sipil itu ngga perlu pinter matematika ?

    ReplyDelete
  13. Anak sipil itu galak tpi sbnarnya lembut

    Hidup teknik
    Jaya sipil
    Dari sipil FT_UNANDA PALOPO
    Slam kenal

    ReplyDelete
  14. Anak sipil itu galak tpi sbnarnya lembut

    Hidup teknik
    Jaya sipil
    Dari sipil FT_UNANDA PALOPO
    Slam kenal

    ReplyDelete
  15. wahh tulisannya menarik... (y)
    salam sipil dari UKI Toraja...

    ReplyDelete
  16. 1 mitos jarang masuk kuliah karna proyek

    ReplyDelete
  17. salam kenal saya T.sipil
    keren blognya ^_^

    ReplyDelete
  18. Dulu saya anak teknik sipil.....tapi karena tman2 ejek2 saya blng skolah tukang........saya malu jdi anak teknik sipill....makanya sya pindah akuntansi

    ReplyDelete

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke www.riffatakhsan.com silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)



Copyright By Faizah Riffat Ma'rifah Akhsan. Powered by Blogger.