Tips Dapat Job Review

by - July 28, 2015

tab whatsapp saya kemarin ribut, pasalnya ada salah seorang rekanan saya bocor tentang bayaran saya sekali nulis artikel 500 kata di blog ini. mereka kaget, kok bisa ???

dalam dunia blog, kasta paling wow adalah ketika kita mendapat bayaran atas tulisan kita. istilah kerennya job review. mungkin bocah majalah atau koran sudah biasa menjadi penulis lepasan yang kalau tulisannya dimuat maka kita mendapat bayaran yang paling tidak sanggup untuk beli kopi starbucks barang segelas.

tapi kalau di dunia blog, job review itu banyak untungnya. selain mendapat bayaran (kalau saya) minimal seharga sepuluh gelas caramel machiato with extra whipped cream and caramel sauce decaf tulisan review itu juga akan terarsip secara otomatis di blog kita sehingga akan menambah portofolio review kita. dan pastinya akan menaikkan kunjungan karena tim digital dari pihak klien akan mati matian ngeBuzz tulisan kita.

tapi kak, aku kan blogger cupu. nggak eksis pula, mana bisa aku dapat job review ?


job review itu kan rezeki, tuhan yang atur. yang jelas, kalau berusaha insya ALLAH dapat meski datangnya suka nggak jelas. saya juga tidak menggantungkan hidup dari Job Review karena menulis blog kan hobby saya, bukan mata pencaharian utama, ya tapi kalau dapat Alhamdulillah.

ini hal hal yang saya lakukan (selama ini) yang berkaitan dengan dunia blogging :

menulislah dengan baik, menulis dengan hati. hal yang paling menonjol dari seorang blogger adalah rasa personalnya yang tinggi, blogger bukan pengisi konten majalah yang termindset sudut pandang "kami dan anda" blogger termindset dengan sudut pandang "saya dan kamu" sehingga keakraban atas rasa tulisan sangat terasa. ketika kamu menulis dengan hati, yang membaca juga akan merasakannya dengan hati, begitu juga ketika kamu menulis dengan maksud menyindir, akan sangat terasa aura negatifnya. kamu menulis untuk melapiaskan rasa sedih, bisa jadi yang membaca akan menangis, apalagi kamu menulis dalam keadaan marah, pembaca pun juga akan merasakan emosi yang sama. kekuatan dari seorang blogger adalah tulisan personalnya dan emosi yang dibawanya. makanya tulislah hal hal yang baik dengan hati yang damai.

rajin update blog untuk menciptakan engangement yang erat dengan pembaca blogmu. setiap blogger, bila ada satu saja pembacanya yang terkesan dengan tulisannya pasti akan bertanya "apa lagi yang akan dia tulis ya ?" nah kehausan para pembaca akan tulisan ini harus dipuaskan dengan update blog karena kepercayaan seorang pembaca untuk terus mengunjungi blogmu itu harus dijaga.

sertakan tags atau label yang relevan dan ramah dengan mesin pencari. gampangannya buatlah tulisan yang SEO friendly, artinya kamu sertakan dalam labels di postingan tersebut dan deskripsi pencarian, semakin umum tags yang kamu sertakan, semakin mudah orang "nyasar" ke blog kamu. ini baik di mata mesin pencari. ingat, seorang yang bakal ngasih kamu Job Review pasti akan melihat performa kamu di mata mesin pencari. misal seperti tulisan saya sekarang, saya sertakan tags : blog, blogger, job review, tips. sementara di deskripsi penelusuran saya tulis : cara ampuh mendapat job review, menulis review, blogger reviewer.

selalu indeks tulisan kamu ke google webmaster. kalau saya sih domain aja yang beli, hostingnya tetep pake blogger. kenapa ? gratis dan mudah. karena hosting saya pake blogger.com yang mana juga punya google, jadi secara otomatis terdaftar di google webmaster jadi saya tinggal sign in aja, nggak perlu sign up. nah pokoknya di google webmaster itu ada menu "crawl as google" saya nggak bisa jelasin tutorialnya, googling aja pasti ada. nah menu crawl as google ini berfungsi mengindeks setiap postingan blog kamu menjadi data google, sehingga kalau ada kata kunci yang diketik oleh pengguna google maka tulisanmu akan menjadi prioritas dibanding situs lain yang bukan "bolonya google"

bangun personal branding bahwa kamu adalah pribadi yang terbuka untuk banyak hal baru. saya tidak idealis menjadi blogger seperti yang dijelaskan mereka yang memang mata pencahariannya dari blog. mereka berkata bahwa blog kamu harus segmented, harus spesifik, harus khusus sehingga mudah untuk klien memetakan blog kamu. saya sih enggak, saya hanya harus menulis dan terus menulis, terserah tentang apapun yang penting lahan hobby dan aktualisasi diri saya terpenuhi. sehingga kekuatan saya dari blog adalah personal branding.

maksimalkan sosial media. share link prostingan kamu ke akun sosial media. ikutlah komunitas komunitas blogger yang guyub, ingat tidak semua komunitas blogger itu guyub. bertemanlah dengan baik dengan sesama blogger, karena Job Review lebih mudah didapat karena circle, bukan karena kualitas blog. saya sering dapat Job Review karena klien teman saya tanya "apa punya kenalan blogger lain yang bisa direkomendasikan untuk kami kontak mengenai penawaran kerjasama ?" atau teman teman saya sesama blogger kontak saya, "Rifa nih, ada kerjaan dari xxx, kamu mau nggak ?" saya sih iyes iyes aja selama bukan tentang hal hal yang melanggar prinsip saya.

kalau dapat Job Review lebih dari satu, jangan tulis dua atau lebih job review secara berurutan, karena google nggak suka. google paling nggak suka sama blogger yang cuma mau nulis kalau itu Job review. makanya, siasati dengan menumpuk satu atau dua artikel yang bukan job review di antara dua job review.  misal saya nulis tentang produk A di hari senin, hari selasa saya nulis tentang gimana caranya ngelupain mantan, trus hari rabu saya nulis tentang produk B. ini juga penting untuk menjaga pembaca. pembaca kamu juga males kalau kamunya iklan mulu...

jangan terlalu ngoyo untuk dapat Job Review. ini kan rezeki, naik turun.  kadang ada kadang enggak, saran saya kalau emang mau serius dapat uang dari nulis kerja di portal web aja. tapi untuk blogger ya kalau dapat Alhamdulillah kalau belum dapat ya baca waqi'ah...     

setidaknya itu yang saya amalkan selama ini, kalau kamu berminat, selamat mencoba :)







Bontang, 28 Juli 2015





Rifa Akhsan

You May Also Like

0 comments

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke www.riffatakhsan.com silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)



Copyright By Faizah Riffat Ma'rifah Akhsan. Powered by Blogger.