Yuk Menjadi Pengguna Twitter yang Baik

by - July 28, 2015

saya pernah menulis tentang twitter di sini, di sini, dan cerita tentang labilnya anak twitter di sini.

setelah saya ngepost tulisan tulisan tersebut, banyak muncul pertanyaan "trus pengguna twitter yang baik itu yang kayak apa ?" pengguna twitter yang baik itu maksudnya yang nggak norak, yang nggak mempermalukan diri sendiri, yang ramah, yah pokoknya yang baik baiklah.

oke, sebagai mbak mbak buzzer yang berusaha terus dapat tawaran buzzer.  saya coba untuk bagi pengalaman saya bagaimana menjadi pengguna twitter yang baik versi klien yang sudah bayar ke saya. ihik.


 jadi diri sendiri, impress lah apa adanya kamu. twitter jaman sekarang sudah mulai menunjukkan taringnya sebagai salah satu media untuk persoal branding. you are what you tweet, your bio is what you are. jangan pernah berusaha menjadi orang lain dengan meniru gaya ngetwitnya, jangan ngetwit apa yang kamu tidak paham benar, jangan berusaha terlihat pintar dan berwawasan luas. mereka yang memang pintar dan berwawasan luas tidak perlu pencitraan, kali.

jangan gampang terprovokasi. ingat cerita saya soal copasnya akun dagelan dan cerita jaman pilpres dulu ? ada banyak sekali mereka yang terprovokasi oleh akun lain sehingga banyak dari mereka yang justru merendahkan dirinya sendiri dalam upayanya terlihat eksis dan berwawasan.

gunakan twitter untuk mencari ilmu. follow orang orang yang inspiratif, selebtweet juga banyak kok yang pintar dan berwawasan luas. dan yang terpenting, follow orang orang dengan latar belakang profesi yang berbeda. saya mendapati para following saya di twitter, mereka saling mengisi dengan latar belakang profesi mereka, tapi iya sih mayoritas following saya rata rata berlatar bekalang dunia digital dan agensi.

berkomunitaslah dengan komunitas yang sesuai dengan passionmu. saya sarankan berkomunitaslah dengan yang sehobby, saya hobby menulis blog dari jaman purbakala dan saya berkomunitas dengan para blogger, saya jadi dapat ilmu dan (sering) dapat kerjaan.

gunakan twitter untuk membaca trend. sampai hari ini informasi paling cepat saya dapat adalah melalui twitter karena pergerakannya yang setiap detik, dari sini kamu akan bisa membaca tren apa sih yang paling diperbincangkan. tapi sekali lagi, jangan mudah terprovokasi, jadilah pengguna twitter yang "oh, aku tau kok berita itu".

jangan pakai twitter untuk mention mentionan ledek ledekan nggak jelas sama teman temanmu yang tiap hari juga ketemu.  ini sering banget saya jumpai, nggak perlulah seperti itu, toh kalau ledek ledekan nggak jelas kayak begitu nggak harus di twitter juga kan, nah akun yang kayak gini ini simalakama. diunfollow marah, difollow jadi sampah mata *sigh*.

jangan ragu untuk ngomel, dan mengeluh. tapi gunakan bahasa yang baik. twitter dan jagat media sosial paham kok salah satu tujuan twitter dirilis adalah sebagai media pelampiasan sesuatu yang tidak mampu tersampaikan secara langsung. tapi gunakan bahasa yang baik, saya juga sering kok ngomel tentang kerjaan gambar yang nggak habis habis (tapi bingung kalau emang beneran bos saya bilang masih belum ada gambar yang harus saya gambar) saya juga ngomel habis ribut sama anak copywiter, tapi saya nggak mau merendahkan diri saya dengan mencaci maki yang saya tau persis hanya akan membuat citra diri saya rusak.

jalin pertemanan yang akrab dengan orang orang yang menginspirasi. saya punya kenalan orang orang wow di dunia digital marketing dari twitter, dan benefitnya banyak. memang tidak mudah, tapi bisa. keuntungan paling nyata adalah kita bisa belajar ilmunya dengan cara yang asyik, bisa via DM, chat, dll

hal hal diatas adalah hal hal yang saya lakukan selama menjadi warga twitter, kamu masih bingung bagaimana rules bertwitter ? setidaknya ikutilah cara cara saya diatas, nanti lama lama juga akan bisa improvisasi kok.







Bontang, 28 Juli 2015





Rifa Akhsan

You May Also Like

0 comments

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke www.riffatakhsan.com silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)



Copyright By Faizah Riffat Ma'rifah Akhsan. Powered by Blogger.