Kreatif Itu Mudah

by - September 09, 2015

tulisan ini dipublikasikan di blognya mas Arif Munandar sebagai tulisan blogger tamu. tapi tidak ada salahnya kan kalau saya tulis di blog saya juga :)

Kreatif Itu Mudah
Saya seringkali menemui orang orang dengan pemikiran luar biasa pesimis. Jika berbicara tentang kreatif, yang bisa mereka katakan tidak jauh jauh dari “amati, tiru, modifikasi” seakan akan makna kreatif sesempit daun rambutan.



Kreatif itu sulit, kreatif itu membutuhkan pemikiran panjang. Pokoknya kreatif itu nggak kayak apa yang para motivator bilang, susah banget jalaninnya. Adalah sedikit dari pemikiran pemikiran yang mendominasi masyarakat  kita, dan sebagian besar anak muda Indonesia. Padahal negeri ini butuh banyak insan insan dengan ide segar penuh inovasi. Berbicara inovasi, tentu kunci utama adalah dengan berpikir kreatif.

Berawal dari pemikiran tentang sulitnya berpikir kreatif, ungkapan “amati, tiru, modifikasi” juga dirasa sulit. Kemudian lahirlah para copaser copaser a.k.a kegiatan plagiatisme yang sukses membuat yang dicopas menjadi sedih dan kecewa. Bahkan ada yang memutuskan berhenti dari kegiatannya karena para copaser copaser tak punya hati ini.

Kalau dipikir pikir, kreatif itu mudah. Kok bisa ? ya bisa dong kalau mau sedikit berpikir “dalam”.

Menurut saya, kreatif hanya tentang empat hal, apa itu ?

1.       Kreatif Itu Tentang Berpikir Apa yang Belum Ada.
Ya, teknologi dan penemuan penemuan sensasional lahir dari sesuatu yang “belum ada” dan “tidak mungkin”. Dengan menemukan gagasan sesuatu yang belum pernah ada, dan berusaha berbuat lebih untuk hal itu. Kamu sudah termasuk insan dengan pemikiran kreatif.

2.       Kreatif Itu Tentang Berusaha Memudahkan yang Sulit.
Ya, sebenarnya berpikir kreatif sesederhana itu. Banyak hal hal sulit di sekitar kita yang butuh sebuah pemikiran baru untuk membuat sesuatu yang sulit tersebut menjadi mudah.
3.       Kreatif Itu Tentang Memberi Makna Bagi Sesama
Kreatif adalah bagaimana kita berguna bagi lingkungan sekitar. seseorang dikatakan berguna bagi sesamanya ketika ia mampu bermanfaat bagi orang lain. Dengan semangat memberikan manfaat bagi sesama, kamu secara otomatis akan tergerak memikirkan sesuatu yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

4.       Kreatif adalah Tentang Sesuatu yang Sedikit Namun Mampu Memberi Banyak
Berpikir kreatif tidak harus dengan suatu gagasan besar dan heroik. Banyak mereka yang sukses dikenal sebagai “insan kreatif” berangkat dari hal kecil yang luput dari perhatian banyak orang. Berpikir kreatif  butuh ketelitian tingkat tinggi, ketenangan luar biasa, dan ketulusan hati mengagumkan.


Saya juga bukan seseorang yang bisa selalu berpikir kreatif, tapi setidaknya ada pos pos dalam hidup yang hanya bisa diisi oleh pemikiran kreatif sebagai penanda nilai diri. Kreatif itu mudah, jika mau mencoba. 


terima kasih untuk mas Arif atas kesempatannya menjadi blogger tamu :)





Surabaya, 9 September 2015






Riffat Akhsan

You May Also Like

0 comments

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke www.riffatakhsan.com silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)



Copyright By Faizah Riffat Ma'rifah Akhsan. Powered by Blogger.