Mengenal Lebih Dekat Nuniek Tirta Ardianto ( Part 2 )

by - September 12, 2015

Foto Saya Ambil Dari Twitter Mbak Nuniek +Nuniek Tirta Sari
Nuniek Tirta Ardianto. mungkin tidak banyak yang tau nama ibu cantik yang satu ini, saya berteman via Twitter cukup lama dengan mbak Nuniek ini. mbak Nuniek ini adalah perempuan hebat inspiratif dibalik kesuksesan seorang Natali Ardianto, Co-Founder tiket.com , website kesayangan kalian yang suka ngasih promo promo yang jadi ratjun liburan itu....

mbak Nuniek yang berlatar belakang psikologi konseling ini kini telah menjadi salah satu pelopor industri kreatif digital Indonesia melalui Komunitas #StartupLokal.  seperti yang kita tahu, ledakan dunia ekonomi digital telah menghadirkan para milyader milyader baru yang hanya bermodal mimpi, laptop dan jaringan internet. 


seorang mbak Nuniek membuktikan bahwa sukses bisa diraih oleh siapa saja yang mau belajar dan akhirnya menemukan jalan suksesnya, mbak Nuniek juga yang membuktikan pada saya bahwa peran ibu dan istri dalam keluarga sangat berpengaruh besar untuk kesuksesan suami dan keluarga.


berikut wawancara saya dengan mbak Nuniek via elektronik.




4. apa definisi kebahagiaan keluarga menurut mbak Nuniek ?
  • Kebahagiaan keluarga menurut saya adalah ketika kita bisa menjalankan fungsi dan peran dalam keluarga dengan sebaik-baiknya sehingga tercipta keluarga yang harmonis dan dinamis. Bahagia dapat tercipta ketika kita telah memiliki peace of mind, rasa damai di hati. Kedamaian di hati itu tidak mudah, banyak yang perlu dibenahi sebelum merasakannya. Setiap ada yang ulang tahun, saya selalu mengucapkan dengan doa semoga senantiasa sehat jasmani rohani dan bahagia lahir batin, karena 4 hal itu sebenarnya "mahal" harganya namun banyak dari kita yang tidak menyadari atau mensyukurinya. 


5. menurut mbak Nuniek apa yang harus dimiliki oleh ibu sekaligus istri, juga para calon ibu dan istri untuk menciptakan kebahagiaan keluarga ?
  • Acceptance. Penerimaan diri sendiri, orang-orang terkasih, situasi, kondisi, dan apapun yang kita hadapi dalam membangun rumah tangga. Tanpa acceptance, ketika menghadapi masalah kita pasti akan terus menggerutu, menempatkan diri sebagai korban, mengeluh, dan lain sebagainya yang tidak akan membantu membuat keadaan menjadi lebih baik, bahkan justru menjadi lebih buruk. Ketika kita ikhlas menjalani semua, pasti akan lebih ringan melangkahnya. Saya percaya Tuhan tidak berhenti memberikan kita ujian sebelum kita lulus. Never see things as a mistake, always see it as lessons. 


6. berbicara dengan start-up, apa yang membuat mbak Nuniek akhirnya terjun dalam dunia ini ?
  • Sejak awal bekerja saya sudah kerja di startup, tapi dulu nggak tahu kalau namanya startup. Oya, startup itu adalah usaha rintisan di bidang IT/teknologi. Yang saya suka dari dunia ini karena sangat dinamis, perubahannya sangat cepat, saat ini sedang tren besok bisa sudah usang, jika tidak mau berubah/berinovasi maka bisa mati. 



7. banyak sekali anak muda Indonesia yang memiliki ide brilian tapi kemudian terhenti karena anggapan "ah aku kan bukan anak IT, nggak bisa coding, gimana bisa sukses dari bisnis start-up coba ?" apa tanggapan mbak Nuniek tentang hal ini ?
  • Kalau Natali menyebutnya itu sebagai sabotase diri, menganggap diri sendiri tidak mampu padahal sebenarnya mampu. Kalau saya bilang kita nggak akan bisa memaksa orang untuk berubah jika ia sendiri tidak ingin berubah. Tapi kita bisa masuk ke dalam penanaman motivasinya. Orang biasanya kan akan berbuat sesuatu jika sudah ada motivasinya. Nah motivasi orang itu biasanya cuma 2: pain or gain. Maksudnya, motivasi pain adalah kalau orang itu takut bangkrut makanya dia baru mau kerja. Tapi kalau motivasinya gain misalnya kalau orang itu kepingin banget punya rumah mewah makanya dia mau kerja. Jadi kuncinya harus dicari dulu motivasinya apa. Whenever you start doing something, ask yourself the very basic but powerful question: WHY? Why are you doing this? Why not doing that? Etc. 


8. start up sekarang menjadi salah satu  "primadona" dalam dunia ekonomi digital. menurut mbak Nuniek yang memiliki latar belakang psikologi konseling, adakah manfaat bukan berlatar belakang IT ? dengan ilmu psikologi,mbak Nuniek jadi lebih mudah memetakan konsumen berdasarkan psikologi mereka misalnya ?
  • Passion saya sebenarnya adalah di people & psychology, dikombinasikan dengan dunia startup maka saya menjadi connector & networker in digital IT industry. Saya senang bertemu dengan orang dan belajar dari mereka, tapi saya juga butuh zen moment setelah bertemu banyak orang. Setelah bertemu orang banyak biasanya saya butuh sendirian di perpustakaan atau cafe, menulis tentang hal2 menarik yang saya pelajari/temui pada hari itu. Sebenarnya untuk terjun di bidang IT tidak harus berlatarbelakang pendidikan IT sih. Oya, Tanpa background IT pun bisa berbisnis digital

9. apa harapan mbak Nuniek untuk bisnis start-up Indonesia kedepannya ?
  • Saya berharap bisnis startup Indonesia semakin bisa berkembang dan berkolaborasi satu sama lain, bisa bersaing secara sehat, sehingga konsumen Indonesia mau memilih menggunakan karya bangsa dibanding produk luar.  


10. terakhir, apa pesan mbak Nuniek untuk anak anak muda Indonesia ?
  • Pesannya, kenali dirimu, gali potensimu, dan manfaatkan talentamu sebaik mungkin untuk terus berkarya bagi negara dan Sang Pencipta. 

untuk yang ingin mengenal mbak Nuniek lebih jauh, bisa ke twitter beliau @nuniek atau google+ +Nuniek Tirta Sari atau ke blog mbak nuniek di www.nuniek.com

terima kasih banyak mbak Nuniek untuk kesempatannya menjadi tamu di blog riffatakhsan.com, semoga apa yang kita bagi pada postingan kali ini bisa menginspirasi para anak muda Indonesia yang sangat mencintai dunia digital.






Surabaya, 12 September 2015





Rifa Akhsan

You May Also Like

0 comments

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke www.riffatakhsan.com silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)



Copyright By Faizah Riffat Ma'rifah Akhsan. Powered by Blogger.