belajar seni menghitung ketepatan langkah dari pertarungan tender konstruksi

by - October 21, 2015

sumber gambar

saya hidup dari ketidakpastian bisnis karena pengaruh sosial politik ekonomi. ya, dunia konstruksi selalu bergantung pada situasi perekonomian makro mengingat ini menyangkut penggunaan dana miliaran rupiah.

setiap pekerjaan konstruksi dengan nilai kontrak fantastis selalu didahului dengan proses tender. proses penawaran harga per satuan pekerjaan dengan harapan pemenang tender dapat mengerjakan proyek dengan dana seefisien mungkin.

tender konstruksi bagaikan kompetisi, selalu ada para pelaksana proyek (kontraktor) yang bertarung untuk menjadi pemenang, tentunya dengan ketepatan perhitungan harga penawaran. hukum pasti dalam proses tender konstruksi adalah : harus dihitung dengan benar per item pekerjaan, bila salah kerja bakti atau bahkan rugi.

pertarungan tender konstruksi itu keras, ibarat cewek mungkin prosesnya bukan lagi jambak - jambakan. tapi udah level cakar - cakaran berdarah darah.

ada yang menarik dari proses tender ini, mau tender proyek apapun, biasanya lawan tendernya itu itu saja. kadang menang ya kadang juga kalah, rezeki rezekian lah.


luruskan niat, SEMPURNAKAN PROSES,  jangan khawatirkan hasil. karena hasil tidak pernah mengkhianati proses yang sempurna.

adalah ungkapan yang sangat benar untuk menggambarkan nasihat bertahan dalam kerasnya pertarungan tender konstruksi.

dalam proses pertarungan tender, setidaknya saya belajar tentang seni menghitung ketepatan langkah, yang sebenarnya kalau kita aplikasikan ke dalam hidup kita hasilnya sangat memudahkan penyelesaian masalah.

volume. 
ujung tombak pertarungan tender konstruksi dimulai dari besarnya nilai penawaran yang diajukan. ini berangkat dari volume per item pekerjaan. volume didapat dari gambar rencana proyek konstruksi tersebut. hidup juga sebenarnya begitu, kita pasti diberi "gambar" masalah oleh tuhan, dari gambar tersebut kita akan dapat menentukan "volume" atau besaran dari masalah. dengan begitu kita akan tau garis besar konsep penyelesaian masalah.

produktivitas
produktivitas didapat setelah volume diketahui, produktivitas adalah perhitungan "kemampuan" tenaga dalam pelaksanaan pekerjaan proyek konstruksi. produktivitas membantu memetakan kemampuan tenaga bahan, tenaga alat, dan tenaga manusia dalam penyelesaian target pekerjaan.

produktivitas berarti kemampuan kita dalam menyelesaikan masalah. setelah kita tau seberapa besar masalah yang kita hadapi, kita sebenarnya mampu untuk menghitung kemampuan kita dalam menyelesaikan masalah tersebut. kalau dirasa tidak mampu, kita setidaknya berhasil mengidentifikasi apa penyebab ketidakmampuan kita menyelesaikan masalah tersebut.

durasi.
durasi selalu begandengan tangan dengan produktivitas, produktivitas menentukan besaran durasi penyelesaian pekerjaan. besaran angka produktivitas adalah tetap, tapi pelaksana proyek  memiliki kebebasan untuk menentukan besaran durasi waktu penyelesaian pekerjaan. mau durasinya cepat monggo, durasi lambat ya terserah elo...

hidup juga begitu, kita tau besaran masalah, kita tau kemampuan kita dalam menyelesaikan masalah tersebut, dan kita berhak untuk menghitung kapan kira kira kita bisa sukses menyelesaikan dan keluar dari masalah tersebut. semua bisa dihitung, kalau saja kita mau.

langkah (action plan)
ini yang terpenting, pemetaan langkah atau yang biasa dikawinkan dengan metode pelaksanaan. ketepatan langkah didukung dengan metode yang tepat akan membawa kesuksesan pelaksanaan proyek, yang mana kesuksesan pelaksanaan proyek bisa dilihat dari keuntungan dari selisih rencana anggaran biaya dengan rencana anggaran pelaksanaan. ketepatan langkah memimpin kecilnya biaya pelaksanaan. ini penting karena target dari pelaksanaan dan pengelolaan proyek konstruksi adalah tepat waktu, tepat biaya (dapat untung) dan tepat mutu.

kita juga bisa belajar dari seni menghitung ketepatan langkah proyek konstruksi ini. dengan data besaran masalah, kemampuan penyelesaian masalah, dan durasi keluar dari masalah kita bisa menentukan langkah apa yang harus diambil. kapan harus mengambil tindakan, kapan harus bertahan dengan target yang sudah ada. semua bisa dihitung dengan segala resikonya.

lapang dada
kalau ada yang menang tender, pasti ada yang kalah tender dan yang kalah tender biasanya kelakuannya lebih horror dari cewek PMS  hanya ada satu yang keluar sebagai pemenang tender. sedih nggak menang tender ? eits jangan bersedih dulu karena yang menang tender belum tentu karena langkahnya tepat, bisa saja karena tidak teliti, teledor, dll. dan yang harus selalu diingat adalah...

lebih baik kalah tender daripada menang tender tapi trus kena blacklist karena tidak mampu menyelesaikan

hidup juga begitu, hidup selalu memberi hikmah dari setiap masalah. dan hidup selalu membawa arti lebih tentang lapang dada dari setiap masalah yang hadir.





Surabaya, 21 Oktober 2015




Riffat Akhsan






You May Also Like

6 comments

  1. lawannya itu2 aja, malah bisa akrab dong, tanpa rasa permusuhan

    ReplyDelete
  2. Hidup memberi hikmah dengan masalah dan masalah membuat kuat. tuhan sekedar bercanda, tidak pernah meninggalkan. antara hidup dan masalah adalah dua sisi yang saling membutuhkan.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. bagus tulisannya. di kaitkan dengan nilai2 kehidupan. membuatku ikut bercermin. thx buddy :)

    ReplyDelete

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke www.riffatakhsan.com silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)



Copyright By Faizah Riffat Ma'rifah Akhsan. Powered by Blogger.