Cinta Beda Agama : perih perih rindu

by - November 13, 2015

 Sumber Gambar
Sumber Gambar
cinta beda agama ? pernah ngerasain ? kalau saya Alhamdulillah pernah.

banyak yang request ke saya minta saya nulis tentang ini dari sudut pandang saya, sebagai seseorang yang pernah mengalami cinta beda agama..

Sumber gambar
cinta beda agama ? gimana ya rasanya ? kalau menurut saya sih rasanya jungkir balik ya, saya adalah seorang muslim yang taat dan mas mantan adalah seorang katolik yang taat. kami bertemu di mata kuliah bagian eker eker tanah dan akhirnya memutuskan untuk jalan bareng karena sama sama cinta.

sama halnya dengan keyakinan memeluk agama atau tidak beragama, cinta pun seperti itu. tuhan memang luar biasa. DIA berhak menanamkan cinta dalam hati semua makhluk, tidak terkecuali untuk mereka yang menyebut tuhan dengan nama berbeda.

saya dan mas mantan sama sama kaget dengan perasaan kami masing masing, kenapa kami bisa saling cinta ? akhirnya kami memutuskan untuk jalan bersama sampai waktunya "cukup". ibarat makanan, ketika kita dilarang memakan sesuatu tapi kita luar biasa pengen, kita nyicip dikit sekedar biar tau rasanya biar gigi kita nggak patah. saya dan mas mantan kira kira juga seperti itu.
di awal awal banyak banget yang nyinyir ke saya (mostly yang naksir mas mantan), saya dikatain gila, nggak malu sama jilbab kok mau maunya jalan sama orang kafir. banyak akun anonim yang nge-tag saya ke foto atau kutipan hadist yang kira kira bunyinya gini "lebih baik hamba sahaya hitam legam tapi muslim dibandingkan putih rupawan tapi kafir"

saya dan mas mantan dari awal sudah tau bahwa hubungan ini nggak akan kemana mana, saya yang waktu itu babak belur gara gara si itu playing victim dan akhirnya saya digossipin cinta nggak berbalas, dan mas mantan juga babak belur sama si onoh yang selingkuh sama sahabatnya. kami hanya ingin berterima kasih pada tuhan atas "penyembuh luka" dengan cara kami sendiri.

hubungan kami luar biasa manis, mas mantan bukan orang yang romantis. dia adalah pemikir yang sulit untuk mendapatkan lawan bicara yang sebanding, dan saya adalah seorang yang suka berbicara namun seringkali lawan bicara saya nyinyir di belakang hanya karena ia tak mampu mengimbangi saya. dan kami adalah dua orang pemikir dan pencerita yang dipertemukan oleh tuhan. bareng mas mantan saya bisa ngobrol sampai berjam jam hingga lupa waktu. kami membicarakan tentang apapun, mulai dari konstruksi (iya mas mantan profesinya kontraktor), politik, ekonomi, gaya hidup, hingga...... agama.

mas mantan bukan tipe cowok idaman yang bisa bikin pasangannya melambung tinggi di angkasa dengan perlakuan istimewa. setidaknya ini 10 hal yang dilakukan mas mantan yang bagi saya itu sudah lebih dari cukup.
sumber gambar
tulisan di atas asli pernah saya alami, meskipun nggak persis. jadi waktu itu ceritanya kita janjian ketemu di suatu tempat, kalau nggak salah waktu itu mepet maghrib. kita ngobrol banyak, sampai akhirnya adzan maghrib berkumandang. trus mas mantan bilang "yang, udah maghrib nih. kamu shalat dulu sana, ntar kita lanjut lagi. aku biar nunggu sini" yang saya jawab "oh, oke"

MAAAAK SAYA JALAN SAMBIL NAHAN HATI YANG KEGORES GARA GARA OMONGAN DIA, PERIH PARAH BET

waktu ramadhan juga gitu, ceritanya besoknya saya mau pulang ke rumah bontang buat lebaran. trus sorenya dia ngajak buka bareng, kita buka puasa bareng. dan ketika makanan dan minuman datang, kami yang duduk berhadapan berdoa sesuai agama dan keyakinan masing masing.

disana pun saya dipandang dengan tatapan aneh.

sumber gambar

seiring berjalannya waktu, saya dan dia menuai tanda tanya dari orang orang dekat. lingkungan saya yang bingung kenapa saya jalan sama dia dan lingkungan dia yang bingung kenapa dia jalan sama saya. kami sering ditanya "hubungan kalian mau dibawa kemana ?" yang dilanjutkan dengan "toh putus sekarang atau nanti sama aja sakitnya". yang hanya bisa kami tanggapi dengan sebaris senyum tipis. semua mengalir alami selayaknya hubungan pada umumnya.

hubungan saya dengan mas mantan yang ini adalah hubungan terbaik yang pernah saya alami, salah satu rekanan saya yang bisa membaca tarot dan past life berkata bahwa saya dan mas mantan adalah sepasang suami istri dalam kehidupan past life. itulah kenapa apapun yang saya jalani dengan mas mantan terasa alami, terlalu alami malah. entahlah saya juga nggak ngerti.

gambar saya ambil dari : http://ask.fm/Nilame/answer/119357868711

hubungan kami berjalan cukup lama, yang artinya perasaan satu sama lain menjadi semakin dalam. ketika itu salah satu dari kami sudah ada yang goyah dan berpikir untuk pindah agama, yang kemudian setelah kami berpikir.... 

"pindah agama bukan keputusan main main, keputusan tersebut berdasar pada keyakinan. mungkin terkesan hanya status, tapi keyakinan dalam hati nurani tidak pernah bisa membohongi"
saya dan mas mantan kemudian memutuskan berpisah dengan baik baik, kami berpikir sudah cukup tuhan mempersatukan kami. kini sudah saatnya kami kembali dengan lembaran baru kisah cinta yang lain.

sampai hari ini hubungan kami masih sangat baik, terakhir saya mengucapkan selamat ulang tahun ke mas mantan yang ditanggapi dengan sangat exiting. ah cinta memang bisa seunik ini.

kenapa saya menulis ini ? sebagai pelaku pacaran beda agama, saran saya biarkan semuanya mengalir sampai dengan sendirinya menemui ujung. tuhan tidak pernah jahat, pun dengan agama. semua diatur demi kebaikan kami semua.

saya tidak memihak pada pandangan manapun, saya tidak menyarankan untuk terus lanjut menikah dengan perbedaan agama, dan saya juga tidak menyarankan untuk mengakhiri hubungan karena perbedaan agama. semua kembali pada individu yang menjalani.

saya disini hanya berbagi pengalaman, sebagai muslim taat yang pernah menjalani hubungan dengan katolik taat. sebatas itu.

jalani saja semua, karena tuhan selalu membimbing setiap langkah kita. pun dengan dia yang menyebut tuhan dengan nama berbeda.

jadi cinta beda agama rasanya gimana fat ? perih perih rindu





Surabaya, 13 November 2015




Riffat Akhsan

You May Also Like

2 comments

  1. Sedih mbak. Tapi salut sih sama keputusan yang diambil

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedih banget kalau diingat ingat, tapi everything gonna be alright, soon :))

      Delete

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke www.riffatakhsan.com silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)



Copyright By Faizah Riffat Ma'rifah Akhsan. Powered by Blogger.