Petuah dari Online Media Expert kepada Blog Writer

by - November 30, 2015

Sumber Gambar

kemarin dalam suatu acara, saya bertemu dengan beberapa pakar online media yang sudah berteman dengan saya cukup lama. mereka (para online media expert) mengenal saya sebagai penulis blog. bahasa kerennya blogger.

"kamu itu, dari dulu sampe sekarang kok nulis gitu gitu aja. kualitasnya nggak berubah."

hacep, sakit bet lama nggak ketemu, eh pas ketemu kena semprot.

adalah ungkapan lepas kangen dari online media expertise itu pada saya. setelah kelar saya dikritisi macem macem tentang tulisan saya, saya diberi tips dan arahan tentang "how to make my blog post more valuable"

yuk ah lanjut baca biar tau.

menulislah based on kualitas, bukan kuantitas.
online media expertise ini ceramahin saya bahwa tulisan saya mengejar kuantitas, yang penting upload tanpa benar benar mempertimbangkan apakah yang saya tulis layak dibaca atau tidak. "mending nulis sebulan sekali, tapi langsung viral. dapat ribuan viewers daripada rutin nulis tapi yang liat itu itu aja"

kalau mau banyak pengunjung, jangan nulis semaunya sendiri
lihat tren, lihat kecenderungan pembaca ingin tulisan dengan topik apa dan bagaimana pola informasi yang membuat mereka betah dengan kita. jadilah solusi dari keingintahuan mereka. jangan idealis, situ nulisnya egois, semaunya jari ngetik tapi mau pengunjung banyak. ya nggak nyambung.

*disini saya kuat kuatin hati

pertahankan jati diri menulis dan gaya bahasa.
jangan pernah menjadi orang lain dan jangan pernah berusaha menjadi orang lain dalam tulisanmu, dan jangan pernah merubah gaya bahasa.

menulislah berdasarkan momentum
salah satu kunci artikel viral adalah mereka yang menulis pada momen yang pas dengan gaya bahasa tepat.

posisikan diri sebagai teman, bukan sebagai guru atau dosen.
pembacamu ingin mencari teman (juga informasi), kalau kamu banyak bercerita tentang idealisme dan pemikiran, pastikan kamu hanya ingin membagi, bukan menggurui.

sportif
kalau mau nulis hanya untuk mencurahkan pikiran ya harus terima pembacanya sedikit, kalau mau curhat ya terima juga kalau dibaca cuma sekilas. pahami konsekuensi dari sifat tulisan yang ingin dipublish. jangan curang.

jadilah antikritik, tanamkan mindset setiap orang memiliki pertanggungjawaban atas pendapatnya
menyudutlah pada satu sisi, jangan berimbang. kamu penulis blog, bukan media berita. kalau ada yang tidak setuju dan ngajak perang urat syaraf dengan kamu, sampaikan bahwa dia memiliki hak untuk menuliskan pendapatnya di media lain. bukan di tab komentar kamu.

pahami betul tujuan menulis, imbangi dengan riset yang cukup.
kalau emang niat banget pingin tulisan dapat jutaan pengunjung. pastikan hal hal berikut ini :  apa pesan yang mau kamu sampaikan, kepada siapa, dan untuk apa. kalau memang strategi kamu tepat, tulisan kamu pasti dapat banyak pengunjung.

bertemanlah dengan banyak orang, nyata maupun maya. 
cara ini membuat kamu punya pengunjung setia yang vokal (dengan resiko dikritisi sampai mampus kayak saya)

sudahkah kamu melakukan tips dan arahan dari online expertise diatas ? kalau saya sih belum... saya nulis buat seru seruan, yaaa jadi saya legowo ajalah dapat pengujung dikit.

eh tapi kalau emang timingnya pas saya akan coba deh...

psssst, sadar nggak kalau inti dari tips dan arahan diatas adalah "content is a king ?"





Surabaya, 30 November 2015




Riffat Akhsan




You May Also Like

4 comments

  1. Sepertinya penulis dari blog ini sudah lama berkecimpung dengan dunia blog. Salut deh, terima kasih atas infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap sama sama :) terima kasih sudah mau mampir dan meninggalkan komentar

      Delete
  2. Tips nomer 1, sudah. Nomer 2, belum. Nomer 3, sudah. Nomer 4,belum. Nomer 5, belum. Nomer 6.. aaaah!

    Ini semua gara-gara musim monetisasi blog. Kita kepingin dicintai para advertiser sehingga kita mengubah gaya tulisan menjadi seperti yang diinginkan orang lain (yang nggak seberapa itu).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persaingan Monetasi blog yang kejam dengan bayaran nggak seberapa sukses membuat menulis blog menjadi tidak lagi menyenangkan ;(((

      Delete

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke www.riffatakhsan.com silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)



Copyright By Faizah Riffat Ma'rifah Akhsan. Powered by Blogger.