Catatan Akhir Tahun : 2015 Fellas !

by - December 30, 2015

Sumber Gambar

seperti tahun kemarin, saya menuliskan review akhir tahun sebagai bentuk refleksi how awesome my destiny.

tahun kemarin saya menuliskan catatan akhir tahun urut berdasarkan bulan, namun tahun ini catatan saya  saya tulis dalam bentuk award dengan embel embel "of the year" penilaiannya berdasarkan frekuensi dan suka suka saya.

here we go !

books
nominee : 

Critical Eleven -- Ika Natassa. buku ini mengajarkan saya tentang arti dari memaafkan.

Startup pedia   -- Anis Uzzaman. buku ini banyak bercerita tentang potensi teknologi berbasis industri kreatif Indonesia sangat berpotensi menjadi the next facebook dan google.

8 Wajah Kelas Menengah -- Yuswohady dan Kemal E. Gani. buku ini sangat menarik untuk mengetahui pola konsumsi para kelas menengah ngehek  dan menyesuaikan dengan target dari bisnis kita.

book of the year :  Startup pedia   -- Anis Uzzaman, era digitalisasi ekonomi mulai menunjukkan taringnya di beberapa sektor. menarik untuk segera menyadarkan diri untuk melek teknologi melalui pola bisnis yang dibahas di buku ini.

mall 
nominee : 

Darmo Trade Centre -- ada satu toko yang menjual "harta karun" baju sifon dengan swarovski dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau

Hitech Mall -- ada satu apple store yang pemiliknya memiliki akses langsung ke pabrik apple dan kenal baik dengan bos apple regional asia pasific. jadi kamu bisa custom apple stuff kamu dengan permintaan khusus dan langsung dikontak ke pabrik, dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan apple store yang sudah punya nama.

jembatan merah plaza --- surga belanja songket, ada satu toko yang menjual songket palembang asli dengan harga di bawah satu juta

galaxy mall -- mall sejuta umat yang barang branded nya memberikan penghargaan atas apa yang kamu perjuangkan selama ini

mall of the year : hi tech mall. percaya nggak percaya, saya ke mall ini bisa sampe lima kali dalam sebulan untuk berbagai keperluan, entah beli tinta, entah upgrade RAM, entah benerin printer, entah beli sparepart komputer, wah pokoknya saya ketergantungan banget deh sama mall ini.

book store
nominee : 

kampung ilmu jalan Semarang -- banyak buku karya sastra legendaris dan buku buku keren langka sering saya temukan di sini.

petra togamas pucang -- toko buku ini memberikan banyak sekali diskon.

gramedia manyar -- banyak sekali novel terjemahan yang sangat keren bisa saya temukan dengan harga relatif murah.

book store of the year : gramedia manyar. penataan buku yang memudahkan saya membuat saya betah berlama lama di toko buku ini dan berakhir dengan rekening saya yang langsung kempes.

library
nominee : 

perpustakaan pemkot belakang Surabaya Tourism Centre -- koleksinya tidak terlalu banyak, namun lengkap di hampir semua kategori

perpustakaan taman ekspresi -- sebenarnya suasana sejuk pinggir sungai ini yang lebih dicari di perpustakaan ini, bukan koleksi bukunya.

perpustakaan bank indonesia -- perpustakaan ini memiliki suasana yang luar biasa tenang dan hommy, kalau ada masalah dan main ke perpustakaan ini saya sering merasa tidak berada di Surabaya.

library of the year : perpustakaan bank Indonesia. lokasi yang strategis, parkir gratis, suasana menyenangkan, koleksi novel yang wah, dan akses internet cepat disertai perangkat komputer canggih tanpa mouse ala Bank Indonesia membuat berlama lama di perpustakaan ini sangat menyenangkan.

film
nominee : 
surga yang tak dirindukan -- film ini sukses menguras air mata saya dan jalan cerita yang luar biasa membuat saya nggak keberatan merekomendasikan ke mereka yang tanya ke saya apa film Indonesia yang bagus.

supernova : ksatria, putri, dan bintang jatuh -- film yang berat di satu sisi dan ringan di sisi yang lain, sehingga percampuran keduanya menjadikan suatu konten visual yang fantastis.

5 cm -- dokumentasi pendakian semeru yang begitu luar biasa (meskipun ada adegan mereka berenang di Ranu Kumbolo yang jelas jelas merupakan larangan keras dari pihak pengelola TNBTS) membuat siapapun yang menonton langsung jatuh cinta pada Indonesia.

film of the year : supernova ; ksatria, putri, dan bintang jatuh. setiap nonton selalu ada pemahaman baru yang saya dapatkan.

game
nominee : 

duel otak -- game adu kekuatan pengetahuan berdasarkan kategori ini nagih, tapi bikin sebel juga lama lama.

neko atsume -- game piara kucing ini mengingatkan saya sama game tamagochi jaman dulu

temple run -- game sejuta fanboy ini kadang kadang bikin saya tanya, ini kok nggak ada garis finish nya sih ?

game of the year : neko atsume. game ini asyik diikuti untuk saya dan kamu kamu yang selow xixixi.

Instant Messaging
nominee : 

WhatsApp Messenger -- aplikasi chatting yang nggak pernah pending ini layak mendapat apresiasi karena kemudahan berbasis nomor hp yang ia berikan.

Blackberry Messenger -- meskipun selalu pending saya sangat berterima kasih kepada recent update nya yang sering menyelamatkan jadwal kuliah saya.

Line Messenger -- sticker line yang lucu lucu dan timeline yang ramai membuat aplikasi ini menjadi menarik.

iMessage -- aplikasi perpesanan andalan fanboy yang nggak punya pulsa sms ini sangat efektif dan gratis.

Slack Messenger -- saya pake aplikasi ini ketika ada meeting online yang diadakan oleh kantor saya. aplikasi ini punya kelebihan mengumpulkan beberapa format file (dokumen, foto, mp3, lagu, video, dll) dalam satu wadah.

Edmodo -- saya pake aplikasi ini ketika salah satu dosen memindahkan kuliahnya dikarenakan beliau sedang di luar kota. sepintas mirip facebook sih.

instant messaging of the year : WhatsApp Messenger. hahaha aplikasi ini bisa diandalkan setiap saat di segala situasi dan kondisi selama ada signal dan paketan internet.

Social Media,
Nominee : 

twitter -- meskipun sering diwarnai twitwar, namun kebijaksanaan yang dibagi oleh following saya seringkali enlighten me.

facebook -- saya sering dapat kerjaan di startup paling sukses sekaligus sosial media sejuta umat ini.

instagram -- cara para following saya berbagi momen di hidup mereka membuat saya semakin yakin bahwa dunia ini memang penuh warna.

pinterest -- inspirasi yang dihadirkan di platform ini asyik, tapi entah kenapa kurang cocok di saya

social media of the year : twitter. saya bisa menjadi seperti sekarang ini salah satunya karena twitter.

online media
nominee :

mojok.co -- opini kritis harcep yang ditulis sering banget membukakan mata saya atas persoalan negeri yang carut marut ini.

maknews.id -- opini khas suroboyoan yang hadir di tengah gempuran budaya hedon membuat media ini memiliki tempat tersendiri bagi saya dan insan kreatif Surabaya, ditambah lokasi kantornya yang di rumah teman saya membuat saya makin memiliki kedekatan emosional dengan media ini.

craftincraft.com -- ini platform kantor saya, saya makan dari sini. sekian.

online media of the year : mojok.co. harus ada mereka yang selow untuk melihat apa yang salah dari negeri ini kemudian menuliskannya disaat yang lain sibuk berkontribusi untuk pertumbuhan GDP per kapita ekonomi nasional.






selamat menyongsong tahun baru,
salam hangat,





Rifa Akhsan

You May Also Like

2 comments

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke www.riffatakhsan.com silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)



Copyright By Faizah Riffat Ma'rifah Akhsan. Powered by Blogger.