Perubahan adalah Perbedaan, Perbedaan adalah Perubahan

by - January 25, 2016

Sumber Gambar
Sekarang kita semua berada di dunia yang gampang sekali berubah, dunia digital membuat segalanya mudah berubah, mulai dari pernyataan seseorang (yang setelah menuai reaksi tertentu seperti bullying), sampai pada peraturan perundang undangan (terjadi pada kasus Go-Jek).

Apakah perubahan itu buruk ? bisa ya bisa tidak. Yang jelas, perubahan seringkali menuai perbedaan. Perubahan adalah salah satu fenomena wajar di era industrialisasi digital ini, perubahan membuat perbedaan dan perbedaan membuat perubahan.

Perubahan dan perbedaan kemudian memotivasi kita berpikir kreatif untuk terus berkarya. Kadangkala, perbedaan yang terlalu mencolok memaksa kita untuk berhenti berkarya. Terlalu berbeda seakan akan salah, padahal terlalu sama juga belum tentu benar kan ?

Kenapa kita tidak berpikir untuk terus berkarya dalam perbedaan, saya percaya perubahan yang terjadi di dunia ini berangkat dari karya karena perbedaan. Perbedaan budaya transportasi memotivasi berdirinya aplikasi berbasis online, perbedaan pandangan dan ekspresi jiwa memotivasi seseorang untuk mencurahkan pengalaman dan pemikiran dalam bentuk blog, perubahan hobby memotivasi seseorang untuk berkomunitas, dan lain sebagainya.

Kalau kita tarik benang merah, sadarkah kita bahwa sebuah karya untuk sebuah perubahan berangkat dari perbedaan ?

Sumber Gambar

Perbedaan ada karena kita berubah, perubahan ada karena kita berkarya. Karya ada karena kita menghadapi perbedaan. Wah ternyata perubahan, karya, dan perbedaan itu saling berkaitan ya ? lantas kenapa harus berhenti berkarya ?

Teruslah menghasilkan karya positif demi perubahan yang positif. perbedaan selalu ada, namun ketika kita menanggapi dengan positif maka karya yang positif selalu ditunggu oleh mereka yang memiliki semangat perubahan ke arah yang lebih baik.

Semua orang bisa berubah, semua orang bisa menjadi berbeda, dan semua orang bisa berkarya. Yuk terus berkarya untuk perubahan dalam perbedaan. Teruslah berkarya, jadi berbeda, dan jadilah agen perubahan. Karena perubahan adalah perbedaan, dan perbedaan adalah perubahan



artikel ini diikutkan dalam lomba blog 4 tahun KEB berkarya



You May Also Like

2 comments

  1. Berkarya dalam perbedaan. Yes, sepakat banget. Terima kasih sudah berpartisipasi ya dear :)

    ReplyDelete

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke www.riffatakhsan.com silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)



Copyright By Faizah Riffat Ma'rifah Akhsan. Powered by Blogger.