Rombongan Baper K-Drama Descendant of The Sun

by - March 18, 2016



setelah lama males dengan kegaringan drama korea, baru kali ini saya mau nonton drama korea yang bahkan di negaranya masih on going dan rela menunggu setiap minggu hanya untuk kelanjutan satu episode.

terakhir saya nonton k-drama tanpa bosan adalah you are all sorrounded, kemudian saya nggak menemukan lagi drama korea yang bisa mengalihkan dunia saya dari tugas kuliah dan kerjaan kantor.


setidaknya ada 6 kriteria versi saya dalam mengkatagorikan bagus tidaknya drama korea : pemeran utama yang harus sama sama cantik dan ganteng (nggak boleh salah satu aja, yang cewek cantik yang cowok biasa aja atau yang cowok ganteng yang cewek biasa aja), episode awal yang logis, romantisme dalam yang nggak lebay, proses pacaran tokoh utama yang nggak too good to be true, dan jalan cerita yang masuk akal (nggak usah kebanyakan chaebols, pemerintahan, dan konflik ruwet perkara anak ketuker, yang mati trus hidup lagi, dan persoalan perebutan harta dibumbui intrik dan dendam yang nggak bisa diurai benang merahnya).

dengan 6 kriteria diatas, sangat sulit bagi saya untuk merekomendasikan apa k-drama yang bagus untuk ditonton. tapi untuk pertama kalinya saya merekomendasikan drama korea descendant of the sun sebagai drama korea yang HARUS BANGET DITONTON.

kenapa bisa sejatuh cinta ini dengan drama ini ?

yuk lanjut baca !


sinopsis cerita

descendant of the sun bercerita tentang kapten pasukan khusus perdamaian dunia Yoo Si Jin (yang diperankan oleh Song Joong Ki). nah mas Kapten ini jatuh cinta sama dokter cantik Kang Mo Yeon (diperankan oleh Song Hye Kyo), dokter Kang adalah seorang dokter cerdas berbakat yang sayangnya kariernya sebagai ahli bedah yang sangat ingin mendapat gelar professor harus kandas akibat nepotisme yang terjadi di rumah sakit tempatnya bekerja.

Kapten Yoo dan Dokter Kang pertama kali bertemu di UGD rumah sakit tempat dokter Kang bekerja untuk mengantarkan pencuri yang ia ringkus ketika sedang berjalan jalan santai ketika sedang bebas tugas bersama sahabatnya Sersan Seo Dae Young (diperankan oleh Jin Goo).

nah Sersan Seo sahabat kapten Yoo ini terlibat cinta beda kelas, dimana dia mencintai perwira atasannya Letnan Yoong Myung Woo (diperankan oleh Kim Ji Won) yang merupakan anak dari jenderal bintang tiga.

kebetulan Letnan Young adalah dokter militer yang kuliah seangkatan sama dokter Kang.

ayah Letnan Young mau anaknya nikah sama Kapten Yoo karena si ayah yakin Kapten Yoo bisa menjadi jenderal bintang empat. padahal baik Kapten Yoo maupun Letnan Young sama sama punya pilihan sendiri.

yak disini sudah ada keribetan tapi masih dalam tahap wajar.



kalau saya jabarkan, jabatan militer versi descendant of the sun itu....

1. prajurit
2. kopral (komandan prajurit lapangan) -- Tamtama
3. Sersan -- Sersan Seo (sahabat sekaligus anggota tim kapten) -- Bintara
4. Letnan -- Letnan Yoo -- Perwira
5. Komandan Pasukan Khusus -- kapten Yoo (karena Letnan Yoo manggil dia sunbae )
6. Letnan Kolonel --- atasan kapten Yoo di Taebaek
7. Jenderal -- udah selevel menteri karena kerjaannya meeting sama blue house

Kapten Yoo dan Dokter Kang udah menjalin hubungan tidak berapa lama sejak pertemuan pertama mereka, sayangnya date mereka sering mendadak bubar karena Kapten Yoo harus berangkat ada panggilan tugas negara.

disini saya bener bener dikasih visual "eksekutif muda" itu kayak gimana, bayangkan begitu ditelpon panggilan tugas negara Kapten Yoo langsung naik ke atap nunggu dijemput sama HELIKOPTER.

helikopter, bukan lagi mobil dinas.



dokter Kang yang capek sama Kapten Yoo yang misterius karena tidak pernah mau membuka jati diri profesinya (kerja di bagian apa, sebagai apa, gajinya berapa, prosek karier udah sampe mana ) dan selalu gagal date karena tugas negara mutusin Kapten Yoo tepat sebelum Kapten Yoo dikirim ke Urk (sepertinya nama negara)  dalam misi perdamaian PBB.

yah kayak perwira perwira muda TNI yang dikirim ke Lebanon gitu lah.

nah, suatu ketika karena skandal tertentu (tonton aja dramanya) tim dokter di rumah sakit tempat Dokter Kang bekerja dikirim ke Urk untuk misi kemanusiaan, rumah sakit tersebut membangun medicube (semacam barak rumah sakit dengan fasilitas lengkap) untuk mendukung misi perdamaian PBB.

Kapten Yoon dan Dokter Kang ketemu lagi dong dalam satu misi perdamaian yang sama. Kapten Yoon yang merupakan orang nomor satu di militer Urk dan Dokter Kang yang merupakan orang nomor satu di tim dokter.

chemistry mereka bagus banget, sekaligus menjelaskan ke saya betapa susahnya dokter ahli bedah dan tentara papan atas pacaran.

ketika postingan ini ditulis, saya baru nonton sampai episode 8. masih on going, masih banyak misteri yang belum terpecahkan, siapa sebenarnya Dokter Daniel, siapa Argus dan sindikat penyelundupan senjata via Urk, dan bagaimana sindikat penyelundupan berlian ke Korea via Urk.



kesan

film ini mengangkat makna cinta dan kehidupan dalam balutan romansa profesional yang anggun dan berkelas, alur ceritanya sangat smooth dan logis, proses pendekatan Kapten Yoo dan dokter Kang juga sangat natural dan logis, apa apa yang bikin hubungan mereka putus nyambung juga sangat logis.

song joong ki yang baru kelar wajib militer selama 2 tahun sangat fresh dalam memerankan seorang Kapten ganteng, berwibawa, bisa memimpin dengan baik dan cakap dalam menghadapi situasi sulit.

sementara song hye kyo saya lihat lebih nyaman memerankan sosok dokter cerdas, tenang, dewasa dan cinta mati dengan pasangannya ketimbang harus menjadi han ji eun lawan main rain yang memiliki pribadi keras dalam k-drama full house dulu.

dalam drama ini hadir pula onew ketua SHINEE yang memerankan dokter imut kaya nan menggemaskan dalam porsi yang pas. untuk peran debut saya rasa onew sudah sangat berusaha menampilkan akting terbaik.

Sersan Seo dan Letnan Young juga sukses menguras emosi saya betapa susahnya cinta sejati dipisah pangkat jebatan.


kesimpulan

totalitas akting, jalan cerita logis, sinematografi ciamik (laut biru jernih, pantai tersembunyi, pasir putih, tebing eksotis, dll) konflik yang mudah dimengerti, misteri di setiap episode, dan romansa menguras emosi sukses membuat k-drama ini menjadi k-drama terbaik di 2016 sejauh ini.

saya sampai rela mengulang nonton episode awal beberapa kali demi benar benar memahami jalan cerita dan konflik di drama ini.

pokoknya, penulis naskah kim, You Do Great Job :))



Surabaya, 18 Maret 2016



Riffat Akhsan, yang ikut terkena Song Joong Ki Oppa Syndrom



You May Also Like

2 comments

  1. Coba aja nonton drakor cheese in trap (hanya saran) menceritakan kehidupan kuliah :)

    ReplyDelete

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke www.riffatakhsan.com silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)



Copyright By Faizah Riffat Ma'rifah Akhsan. Powered by Blogger.