7 Gagasan Renyah, Untukmu Kementerian PU

by - August 08, 2016

sumber gambar : dokumentasi pribadi

Kalimantan Timur. Daerah yang membesarkan saya ini,  tidak habis kata menggambarkannya. geografis pegunungan  maha luas,  membuat setiap jengkal tanahnya menggoda ditanami karet, sawit, maupun tanaman pertanian seperti pisang, padi, jagung, dan kacang panjang.

kini daerah "manis" penarik semut pekerja dengan incaran harta karun batubara, migas, dan sawitnya ini mulai mengarahkan potensi daerahnya ke sektor pariwisata dan pelabuhan barang dan jasa. sedari saya kecil, hidup bersama konstruksi membuat saya bermimpi akan kemapanan infrastruktur di bumi etam. 

Pola pembangunan berkelanjutan dibidang  infrastruktur perlu digarap serius. Cakupan wilayah luas membutuhkan perencanaan tata ruang jangka panjang yang mendukung pembangunan infrastruktur berkelanjutan, terintegrasi dan strategis memajukan Kalimantan Timur.

contoh, satu kabupaten Kutai Timur saja, luas cakupan daerahnya setara Provinsi Jawa Barat ditambah Banten. itu baru Kutai Timur, apa kabar Kutai Kartanegara yang memekarkan daerah menjadi Kota Bontang, Kabupaten Kutai Barat, dan Kabupaten Kutai Timur ?

Cakupan wilayah yang sama, saat  Banten dan Jawa Barat dipimpin oleh dua gubernur. Kutai Timur ini dipimpin satu bupati saja ditambah dengan geografis Kalimantan Timur yang berupa hutan dengan persoalan pembebasan lahan yang alot serta proses mobilisasi dan demobilisasi alat yang terkendala akses jalan, infrastruktur tidak akan secepat yang diharapkan. maka perhatian khusus pemerintah pusat perlu, guna mewujudkan pemerataan pembangunan di negeri ini.

presiden Joko Widodo dalam pidato tentang RAPBN 2016 menyatakan tiga pilar ekonomi sejatinya tentang tiga hal : energi, pangan, dan infrastruktur. suplai dan distribusi energi dan pangan lebih cepat merata dengan perbaikan infrastruktur.  berikut tujuh gagasan renyah, untuk pelaksana pembangunan infrastruktur negeri ini : Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

TEKNOLOGI BETON
beton andalan infrastruktur. sifatnya  tahan tekan dan tarik, serta mutu yang bisa disesuaikan dengan biaya. yang terpikir adalah  metode pelaksanaan  berupa Set Mix dan truk Ready Mix. truk Ready Mix yang lebih dikenal masyarakat dengan istilah "truk molen" mengangkut beton segar dengan tambahan additive dari batching plant. truck ready mix yang berkapasitas tiga sampai lima kubik dan jarak yang jauh tidak menjawab kebutuhan beton super tinggi yang dibutuhkan infrastruktur di pedalaman Kalimantan Timur, set mix juga tidak menjawab masalah yang terjadi. kapasitas set mix yang cenderung kecil dan proses pengadukan beton yang cukup lama juga menghambat proses pengadaan beton fresh di lapangan. saya memimpikan mega set mix dengan kapasitas cukup besar untuk setidaknya mampu memenuhi kebutuhan beton minimal untuk sekali pengecoran pelat standar dan pengecoran jalan beton.

PENAMBAHAN TRASE JALAN
sejauh ini, jalan antar kota di Kalimantan Timur hanya terdiri dari satu jalur dua lajur. kalau saja ditambah trase jalan menjadi dua jalur empat lajur mungkin proses distribusi pangan dan energi serta pertukaran barang dan jasa akan semakin cepat. mungkin terasa tidak terlalu urgent saat ini mengingat jumlah dan kepadatan penduduk Kalimantan Timur yang rendah, namun dengan potensi pertumbuhan penduduk kedepan, kebutuhan akses jalan akan urgent seiring ledakan jumah penduduk Kalimantan Timur

PERENCANAAN GEOMETRIK JALAN DENGAN PERBEDAAN ELEVASI YANG TIDAK TERLALU JAUH 
saya sering mendengar komentar mereka yang baru pertama kali ke Kalimantan Timur dan harus melakukan perjalanan darat, mereka sepakat perjalanan darat antar kota di Kalimantan Timur bak roller coaster, naik turun gunung, menanjak, menikung dengan ekstrim. jangankan mereka, saya yang asli Kalimantan Timur saja selalu muntah setiap melakukan perjalanan antar kota. kedepan dalam perencanaan geometrik jalan, saya berharap adanya perhatian dalam hal ini, mungkin bisa diatasi dengan pemotongan gunung atau pebuatan terowongan untuk menyelesaikan persoalan "roller coaster" akibat beda elevasi jalan yang terlampau jauh.

METODE PERBAIKAN TANAH DALAM PEMBANGUNAN JALAN
tambal sulam jalan berlubang menjadi hal yang lumrah di Kalimantan Timur, bukan selalu karena muatan kendaraan karena statistik selalu melaporkan berapa LHR (lintas harian rata rata) kendaraan per periode waktu,  mungkin kedepan bisa dipertimbangkan kontur tanah Kalimantan Timur yang bergerak dan penerapan metode perbaikan tanah dalam proses pematangan lahan sebelum pembangunan jalan dilaksanakan.

PEMBANGUNAN AKSES JEMBATAN KE PULAU PULAU KECIL
Kalimantan Timur terdiri dari beberapa pulau kecil yang mengelilinginya, pulau pulau kecil ini memiliki ketergantungan akan pemenuhan kebutuhan dasar kepada pulau utama, pembangunan jembatan menjadi penting karena akan memudahkan akses mereka mendapatkan suplai energi dan pangan.

PELABUHAN BARANG SKALA KECIL
dibandingkan angkutan dengan truk trailer, tentu skema tol laut yang digadang presiden kita akan lebih mudah terintegrasi jika titik titik strategis di Kalimntan Timur memiliki pelabuhan barang skala kecil, ini akan menekan harga barang dan jasa menjadi lebih murah. harapan saya kapal kapal kecil akan mendatangi kapal besar dalam jalur tol laut, kemudian kapal kecil tersebut yang akan sandar di pelabuhan strategis ini.

PEMBANGUNAN JALAN LINGKAR NON TOL 
mulai dari Kabupaten Paser, lanjut Kabupaten Penajam Pasir Utara, terus ke Kota Balikpapan, kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur sampai berakhir di Kabupaten Berau. jalan ini akan diintegrasikan memutar lewat perbatasan Kalimantan Timur - Kalimantan Utara, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Mahakam Ulu melewati perbatasan Kalimantan timur - Kalimantan Barat, lanjut Kabupaten Kutai Barat melewati perbatasan Kalimantan Timur - Kalimantan Tengah sampai akhirnya kembali ke Kabupaten Paser melewati perbatasan Kalimantan Timur - Kalimantan Selatan. sehingga para penyedia barang dan jasa hanya perlu melewati jalan tersebut untuk mendistribusikan barang dan jasa kepada masyarakat. ini juga akan sangat mendukung sektor pariwisata di setiap kabupaten di Kalimantan Timur

infrastruktur merupakan kerjasama jangka panjang dengan biaya besar, semoga tujuh gagasan "mimpi" renyah saya ini dapat memberikan kabar baik akan impian Kalimantan Timur lebih mapan secara infrastruktur. kabar baik nyata, bukan sekedar pepesan kosong bak mimpi di siang bolong.

You May Also Like

0 comments

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke www.riffatakhsan.com silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)



Copyright By Faizah Riffat Ma'rifah Akhsan. Powered by Blogger.