Kuliah di Harvard, Mau ?

by - October 22, 2018

Photo by Fidel Fernando on Unsplash

salah satu hal yang seringkali bikin saya down adalah keputusan saya pindah ke Samarinda. namanya juga pindah kuliah, tentu ada syaratnya dong. nah syarat dari DIKTI untuk mahasiswa pindahan adalah prodi dan universitas yang dituju (untuk pindah) level akreditasinya harus di bawah universitas asal.

karena kampus saya dulu akreditasinya A, maka saya harus pindah ke Samarinda di jurusan teknik sipil dengan akreditasi dibawah A.

hal ini pula yang sering disayangkan oleh kebanyakan orang, baik di kampus asal maupun di kampus yang sekarang.

yah, sayang banget. kenapa harus pindah ?
ribuan kali sudah saya mendengar kalimat iba tersebut. belum lagi masalah culture shock yang sebegitu hebatnya saya alami disini. ditambah beban psikologis karena kuliah yang nggak lulus - lulus.

semua terasa menyakitkan, juga melelahkan.

kemudian di suatu siang, saya nyasar ke sebuah website yang menawarkan kuliah online jarak jauh. istilah kerennya MOOC (massive open online course).  

namanya www.edx.org

jadi website ini adalah platform yang memfasilitasi semua orang yang punya niat untuk kuliah online secara gratis. mata kuliahnya bisa dipilih sesuai minat. dan penyelenggaranya adalah universitas ternama di dunia.

kuliah ini ada jadwalnya, ada durasi kuliah, syarat dan ketentuannya juga.

di awal saya disuruh bikin semacam motivation letter, point - point nya jelas. saya harus menjelaskan secara spesifik positif benefit yang akan saya terima, kemudian saya juga harus sangat rinci menjelaskan apa saja obstacle yang akan saya hadapi terus menerus di mata kuliah yang saya ambil, serta langkah terukur apa yang akan saya lakukan ketika obstacle itu terjadi.

kemudian  ada tugas, biasanya studi kasus dan critical thinking. ada  diskusi, homework essay, dengerin dosen ngajar, dan sesuatu yang baru kali ini saya temui : mengoreksi dan menjabarkan dengan detail kekurangan dari essay yang ditulis teman saya (secara anonim).

persis kayak kita ambil mata kuliah di kampus. bedanya ini online learning.

saya sendiri ambil 2 mata kuliah, yaitu :

1. Contract Law : From Trust to Promise to Contract --- HarvardX (Harvard University)

ini sepertinya suratan takdir banget dari Allah. karena saya kan lagi riset tentang hukum konstruksi yang arahnya ke manajemen kontrak. susah banget nyari referensi tentang ini dan inilah satu - satunya mata kuliah di Harvard Uni yang sesuai dengan saya dan bisa saya ambil. 

jodoh banget.

ya Allah kapan lagi saya bisa menempuh mata kuliah dari universitas terbaik di muka bumi ini ? *nangis bahagia*

syarat dapat "ijazah" : saya harus lolos passing grade (lulus ujian dengan nilai minimal yang disyaratkan). kalau saya mau ijazah saya ada tanda tangan dan cap basah dari Harvard Uni, saya harus bayar $125 


2. Becoming an Entrepreneur : MitX -- Massachusetts Institute of Technology 

MIT ini bisa dibilang dewanya kampus teknik lah ya, mata kuliah kewirausahaan ini saya tempuh karena saya pengen dapat wawasan dari "dewa". karena MIT sendiri adalah kampus bisnis terbaik di dunia meskipun dia adalah kampus teknik.

karena menurut saya mata kuliah kewirausahaan itu agak tricky aplikasinya di dunia teknik sipil. yakali peluang bisnis cuma bangun perumahan, punya resort, jadi konsultan/kontraktor aja sih.

saya perlu belajar kerangka creative thinking nya. 

syarat dapat ijazah : saya harus lolos passing grade (lulus ujian dengan nilai minimal yang disyaratkan).  kalau saya mau ijazah saya ada tanda tangan dan cap basah dari MIT, saya harus bayar $69

tantangan

sejauh ini tantangan yang harus saya lalui adalah writing skills saya diuji banget. plus materi yang butuh waktu lama untuk dipahami. tapi ya ini sudah konsekuensi lah ya. secara saya ambil mata kuliah di universitas terbaik. sudah pasti saya harus "naik kelas" untuk bisa sama dengan mereka yang duduk di bangku kuliah di kampus sana. kemampuan berbahasa inggris pun juga dituntut sudah harus berada di level university.

saya beneran berasa kuliah di luar negeri. beneran dalam satu hari kalau ada jadwal kuliah, ya saya harus "hadir". biasanya satu hari 2 jam, udah sama tugas kelas sama quiz. kalau homework lain lagi.

untuk pertama kalinya saya merasa bersyukur kuliah saya dibikin molor sama tuhan. kalau nggak gini nggak akan saya punya cukup waktu untuk bisa dapat dan memanfaatkan kesempatan ini. posisi saya sekarang yang kuliah sambil kerja aja pas waktunya libur kuliah bener - bener habis buat kerja. kebayang kalau saya udah lulus kuliah. pasti capek banget ikut mata kuliah online dengan jam perkuliahan mengikuti jam di Boston.

akhir kata, ini kesempatan untuk semua orang. kalau saya bisa dapat kesempatan ini, kamu juga bisa. kelas kuliah online ini gratis. tapi tetap ada tanggungjawab disana.

oh iya, ini agak out of topic sih. tapi saya juga suka baca - baca paper gratis terbitan Harvard di web nya Harvard Business School Working Knowledge.

jadi, kamu mau ikut mata kuliah apa ? di Harvard Univerity juga kah seperti saya ?





Samarinda, 22 Oktober 2018





Riffat Akhsan, yang sekarang mulai mengerti apa maksud tuhan tentang alasan kuliahnya molor.

NB : beberapa referensi memberikan rekomendasi lain seperti Coursera, Future Learn, Khan Academy, MIT Open Course Ware, Open Yale Course, 


You May Also Like

0 comments

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke www.riffatakhsan.com silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)



Copyright By Faizah Riffat Ma'rifah Akhsan. Powered by Blogger.