Hobi, Passion, dan Karya

by - April 21, 2019

Photo by Guillaume M. on Unsplash

menyambung tulisan saya yang ini, mumpung lagi long weekend juga kan yaaa.

marilah kita isi blog berdebu ini dengan saksama dan sebaik - baiknya.

Passion.

Photo by Nathan Lemon on Unsplash

passion itu apa sih ? menurut teman saya, seorang manajer perusahaan ibukota yang kemudian resign demi memenuhi "panggilan jiwa" sebagai konsultan lingkungan hidup : passion adalah sesuatu yang setiap kamu mengerjakan matamu selalu berbinar. yang meskipun tidak selalu indah nan mulus kamu tetap bertahan disana.

passion itu seperti cinta, dia punya energi yang memberi arti.

kalau kamu tanya saya, passion saya adalah laporan keuangan. 

kok bisa ?

perusahaan saya mewajibkan insinyur teknik sipil sebagai syarat mutlak bergabung di sini. namun, setelah masuk ke tingkat manajemen level menengah atas, keahlian teknik sipil saja tidak cukup. perlu skill nyata yang harus diupgrade demi tuntutan kompetensi manajemen perusahaan.

disanalah saya menemukan passion saya di bidang manajemen keuangan perusahaan. 

berangkat dari semangat untuk berkontribusi lebih dari sekedar menjadi tenaga ahli di perusahaan, saya kemudian belajar hal baru tentang "must learn item" bagi manajemen level tengah seperti manajemen keuangan bagi non manajer keuangan, dasar - dasar pengadaan barang jasa, hukum kontrak konstruksi, komunikasi bisnis, hingga marketing dan public relation.

saya kemudian menemukan diri saya tenggelam berhari hari mengikuti ujian dan belajar dengan tekun pada bidang manajemen keuangan. sebuah lompatan kompetensi baru yang harus saya kuasai setelah selesai pendidikan insinyur teknik sipil sebagai tiket masuk.

berkutat dengan laporan keuangan dan menjadi decision maker di kantor benar benar menjadi alasan saya ngantor tiap pagi. bahwa saya berguna. saya bisa memberi kontribusi nyata dalam manajemen perusahaan dengan kehadiran saya.

jadi, menurut saya passion adalah suatu bidang yang membuat kamu cinta dengan pekerjaan kamu. karena passion menuntun seseorang untuk bertanggungjawab penuh. itulah mengapa saya pikir seseorang akan menemukan passion nya di ranah pekerjaan.

analoginya kerjaan itu ibarat danau, dengan passion sebagai "Naga" nya. 

Hobi.

Photo by Amanda Vick on Unsplash

hobi adalah sesuatu dimana kamu bisa melakukan tanpa terbebani tanggungjawab. murni untuk bersenang - senang. 

hobi set my self free

saya punya hobi aneh beli parfum berdasarkan kelucuan botolnya, apakah hanya itu saja ? oh tentu tidak. membeli sepatu sol merah dan sepatu dengan gesper berkilau juga kerap saya lakukan sebagai lambang bahwa saya berhasil menahan kesabaran dengan tensi kantor yang seringkali nggak masuk akal.

tapi hobi mahal pasti didahului dengan finansial kere di kehidupan sebelumnya. nah kalau lagi suntuk dan nggak ada uang saya biasanya beli novel dan menulis blog.

ada orang lain, yang hobinya olahraga. dengan apparel branded sebagai pelangkapnya. ada yang memancing, travelling, panahan, menembak, koleksi mobil mewah, koleksi jam, dll.

bebas lah. selama nggak ngutang aja sih dalam prosesnya.

karena menjalani hobi adalah bentuk rehat, juga penghargaan terhadap diri sendiri. sebuah upaya agar tetap menjadi manusia waras nan bahagia.

makanya dalam menyikapi hobi, menurut saya kita harus bijak. dimulai dari berempati sebagai manusia.

semua orang punya hobi. beban kerja yang tinggi menciptakan hobi yang berbiaya. saya percaya. 

yakali jaman kayak gini naif banget ada yang beban kerja tinggi tapi nggak punya hobi mahal. jangan jangan lari ke narkoba atau hal negatif lainnya 

naudzubillah.

Karya.


Photo by Tyler Lastovich on Unsplash

kalau passion kata kuncinya adalah "hidup dan merasa berguna" sementara hobi adalah "bersenang - senang dan bahagia", maka menurut saya kata kunci karya adalah "bersyukur dan berbagi".

bersyukur dan berbagi.

dua kata diatas sangat ampuh untuk mengidentifikasi apakah seseorang itu berkarya ataukah pamer.

semangat berkarya berangkat dari perasaan syukur yang berlebih, yang kemudian memberi dorongan untuk berbagi kepada orang lain. agar sama sama menikmati manfaat dari kesyukuran ini. tentu cara mendeliver nya akan beda jauh dengan mereka yang semangat pamer agar supaya mendapat pengakuan dari orang lain demi membuat diri sendiri merasa baik.

berkarya dalam semangat berbagi dimulai dari perasaan "cukup" dan jadi diri sendiri. bahwa tidak ada perasaan rendah diri sehingga perlu menciptakan sesuatu untuk menandingi sesuatu yang telah eksis.

berkarya itu tulus ikhlas, tidak berorientasi pada hasil. murni hanya untuk berproses dalam memaknai rasa syukur tanpa mengharap sesuatu sebagai imbalan. perkara bagaimana respon orang bukan menjadi masalah. sehingga karya cenderung berbentuk sesuatu yang berbasis manfaat. 

sehingga sebuah karya cenderung bersifat share-able. seperti cerita perjalanan, rumah singgah, lukisan, ataupun sesuatu yang mengarah pada tujuan filantropi.

berkarya adalah tentang memberi manfaat untuk diri orang lain.

Photo by MARK ADRIANE on Unsplash

mengenali passion, hobi, dan karya. membantu saya mengenal diri saya lebih baik. serta membuat saya merasa ketiga hal itu merupakan cara tuhan untuk menjawab doa orangtua saya agar saya menjadi manusia yang bahagia, postif, dan berguna bagi nusa dan bangsa.

saya harap kamu juga ya !





Bontang, 21 April 2019





Riffat Akhsan, mengucapkan selamat hari Kartini. semoga para perempuan Indonesia semakin mandiri dalam intelektual, emosi, spriritual dan finansial.  

You May Also Like

0 comments

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke www.riffatakhsan.com silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)



Copyright By Faizah Riffat Ma'rifah Akhsan. Powered by Blogger.