Ekspedisi Segaris : Buah Karya Kevin Hendrawan

by - November 02, 2019

sumber gambar : Fiber Creme

saya pertama kali nemu channel Youtube dia waktu nonton #KokohReview. saya suka dengan gaya review dia yang cerdas dan nggak menjerumuskan viewersnya. well meskipun tagline dia "membuka segel itu nikmat" terasa agak gengges di saya.


tapi kemudian, seiring dengan banyaknya endorse dan brand yang kerjasama konten sama dia saya jadi malah meninggalkan dia karena.......


PALSU KAMU MZ....


saya nggak cocok dengan gaya iklan dia karena mendingan dia bikin narasi film pendek sekalian ajalah daripada memaksakan untuk memasukkan brand tertentu ke dalam daily vlog.

dan sayapun meninggalkan dia.
 ***

di suatu siang. ketika saya lagi gabut di kantor, saya iseng nonton ekspedisi segarisnya. ekspektasi saya nonton ini dari yang tadinya suudzon kemudian kecele aja dong. meskipun bukan penonton on going, saya tetap terkagum kagum dengan sinematografinya yang luar biasa. ekspedisi segaris beneran melebihi ekspektasi saya. ini ekspedisi luar biasa. terlalu sempurna. hanya lewat layar laptop saya disuguhi pemandangan terbaik kekayaan alam Indonesia. mulai Sabang sampai Merauke. dari Toraja sampai Wamena. riset dan perancangan perjalanannya sesuai banget sama storyline trip. saya duga proses brainstormingnya cukup panjang dan alot.  

ekspedisi segaris (semangat generasi milenial) merupakan kerjasama Kevin Hendrawan dengan Fiber Creme. saya juga kurang paham Fiber Creme ini produk apaan. tapi yang jelas Fiber Creme sukses membangun brand awareness lewat ekspedisi segaris karena jujur saya jadi penasaran mau beli HAHAHAHA. 

ekspedisi ini berbiaya mahal. untung buat kita penontonnya. saya membayangkan mahalnya seorang Kevin mencarter helikopter untuk menuju lereng Gunung Jaya Wijaya, mencarter kapal di Derawan, dan yang pasti mencarter mobil di setiap perjalanan. karena hampir nggak mungkin dia naik angkutan umum untuk mengejar best time. belum lagi dia yang memobilisasi para bintang tamu yang berbeda di setiap episodenya. 

dibandingkan Livi Zheng, saya rasa Kevin Hendrawan lebih berhak mendapat spotlight 2019 tentang kekayaan alam dan budaya Indonesia. 


sumber gambar : Pesona Travel

sekilas saya teringat dengan weekend list. program yang dia bintangi dulu. tapi kali ini dengan personalisasi ala Kevin Hendrawan. salah satu hal yang paling menonjol dalam konten ini adalah saya melihat begitu banyak unsur kearifan lokal yang terbangun lewat interaksi alami. sebuah terobosan besar bagi saya, mengingat kebanyakan konten wisata di Indonesia hanya menjadikan kearifan lokal masih sebatas tempelan. 

jika pada konten wisata biasa perhatian terpusat kepada presenter, Ekspedisi segaris boleh bangga karena menyajikan kontradiksi. Kevin Hendrawan yang biasanya memosisikan diri sebagai pusat perhatian dalam Ekspedisi segaris justru berperan sebagai tour guide untuk penonton menikmati alam Indonesia lebih jauh.

jadi, kalau kamu bosan dengan konten grebeg rumah dan pamer kemewahan ala Atta Halilintar. atau konten setengah matang ala selebritis yang mencoba jadi youtuber, ekspedisi segaris ini cukup oke buat ditonton.




Bontang, 2 November 2019



Riffat Akhsan -- yang lagi gabut karena kecepetan ambil cuti. 



You May Also Like

0 comments

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke www.riffatakhsan.com silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)



Copyright By Faizah Riffat Ma'rifah Akhsan. Powered by Blogger.