Penulis Wattpad Kesayangan Saya

By Riffat Akhsan - May 19, 2020

sumber : wattpad (dot) com

sebagai pencinta novel. saya suka banget baca wattpad.

pekerjaan saya menjadikan akses toko buku menjadi sedikit sulit. kalau lagi di kantor atau perjalanan dinas, saya bebas belanja di toko buku. stand by di rumah atau kost masih bisa saya akalin dengan belanja buku via online.

tapi nggak kalau saya lagi di lapangan. rural area yang bahkan untuk kirim barang harus lewat kantor pos cabang yang baru kirim barang sekali saja dalam dua minggu. belum lagi saya harus ke pick up point yang jaraknya bisa puluhan kilo dari mess lapangan.

huuft. bersyukurlah kalian yang punya akses mudah ke toko buku.

hanya karena akses toko buku sulit, bukan artinya saya kehabisan bacaan untuk novel kesayangan. terima kasih untuk internet selular yang mampu menjangkau lokasi kerja saya. akses internet di mess lapangan cenderung mudah didapatkan. karena lokasi mess yang biasanya berada di perkampungan. 

kemudian saya mengenal aplikasi ini. aplikasi digital ringan, mudah, dan menyenangkan. sebuah aplikasi dimana penulis dan pembaca bertemu. wattpad.

wattpad sejatinya merupakan wadah bagi penulis pemula untuk berkarya dan mendapat parameter sejauh mana kemampuannya berkembang. sehingga, menurut saya wattpad serupa pasar. kita harus pintar memilih bacaan. karena saya suka fiksi, butuh effort untuk memilih penulis dengan jam terbang cukup yang kualitas karyanya sebanding dengan toko buku.

sudah banyak penulis wattpad berbakat yang berhasil menerbitkan buku dengan kualitas baik. manfaat lain dari aplikasi ini adalah para penulis ini kerap membagikan karya lainnya yang tidak dibukukan secara gratis. sehingga kualitas karya mereka sudah teruji.


contohnya mbak Soraya Nasution. saya pertama kali jatuh cinta dengan karyanya yang berjudul "progressnya berapa persen ?". novel tentang bidang pekerjaan saya yang ceritanya related sama saya. mungkin karena saya dan mbak Soraya punya beberapa kesamaan kali ya : suka menulis, suka membaca, lulusan teknik sipil, dan bekerja di kantor konsultan. saya kemudian beli juga bukunya yang lain : "over the moon" karena sudah puas banget dengan kualitas menulis mbak Soraya.

ternyata beliau adalah penulis wattpad. dengan username Levitt1806 mbak ini juga menghasilkan cerita fiksi panjang (saya sebut novel online) yang juga sama bagusnya. favorit saya di karya wattpad mbak Soraya adalah cerita yang berjudul "Sorry Not Sorry"

ceritanya tentang Kahfi dan Renata. sesama dosen teknik sipil yang saling jatuh cinta. Kahfi yang charming, dan punya profesi lain sebagai Konsultan (di luar dosen) punya hubungan cukup istimewa dengan salah satu mahasiswa bimbingannya. Sekar namanya. 

kalian yang pernah kuliah di teknik sipil pasti pernah merasakan perasaan yang dialami Renata. jadi karena di teknik sipil itu mahasiswa ceweknya super jarang jadinya mahasiswi jurusan teknik sipil seringkali mendapat perlakuan "istimewa" hingga terlibat cinta segitiga.

sisi lain jurusan teknik sipil adalah jurusan ini menghasilkan para cowok yang lemah sama cewek lovely. cewek lembut, pintar, ayu, dan nggak seharusnya berada di lapangan. cewek di teknik sipil umumnya bersifat bold, independen, dan punya prinsip, ya tipikal Alpha Female gitu lah. 

nah Sekar ini kebetulan adalah tipe yang lovely, sementara Renata si Alpha Female. 

di cerita ini lah saya merasa related banget dengan untold story jurusan teknik sipil. Renata mengalami diskriminasi karena Sekar. posisi nya sebagai dosen muda tidak cukup kuat karena mahasiswa yang diajarnya adalah junior beberapa tahun di bawahnya. mahasiswa angkatan perjuangan yang terpaksa mengulang mata kuliah mekanika teknik karena sudah dideadline skripsi.

Sekar adalah kesayangan kelas mekanika teknik perjuangan ini. Sekar adalah mahasiswa bimbingan kekasihnya, Kahfi. mahasiswa bimbingan sejak lomba karya tulis ilmiah hingga skripsi. Sekar yang mencintai Kahfi.

cewek lovely kayak Sekar, seringkali bikin teman - teman cowoknya pasang badan terhadap mereka yang dianggap "menyerang". ini yang dialami Renata. Rio, junior yang cukup dekat dengan Renata juga tidak luput pasang badan untuk Sekar sampai menghilangkan rasa hormat dan objektifitas ketika Renata bertindak tegas melarang Sekar masuk ruangan karena terlambat. Sekar menangis sesegukan dan teman - teman sekelasnya pada julid sama Renata.

belum lagi perlakuan Kahfi ke Sekar yang menurut Kahfi "biasa aja" tapi sebagai sesama perempuan saya bisa paham luka hati Renata.

cerita ini berakhir dengan ending yang smooth, cara penulis menyelesaikan konflik juga manis. karena Renata juga salah, dan keras kepala sehingga kadang - kadang egonya ketinggian mengalahkan rasa cinta ~  

  
Salut sama mbak Soraya. keep writing mbak, aku fans beratmu !

oh iya buat yang penasaran, pasangan saya bukan Mas Mas Konsultan yang juga berprofesi sebagai Dosen.

beliau Kontraktor, hehehe ~







Bontang, 19 Mei 2020





Riffat Akhsan -- yang lagi pusing dengan permintaan personil dari PPK yang datang menjelang lebaran.  

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

pembaca yang baik, terima kasih telah berkunjung ke sini. silahkan meninggalkan kritik, saran, pesan, kesan, dan apresiasi untuk saya menulis lebih baik lagi. terima kasih pula untuk tidak nge-Spam di Blog Saya :)